Tiga Komponen BlackBerry Ternyata Buatan Indonesia

Kompas.com - 20/07/2013, 14:12 WIB
BlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970 Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah komponen perangkat keras pada ponsel BlackBerry ternyata dibuat di Indonesia. Menurut BlackBerry, ada tiga komponen yang dibuat di Indonesia, yakni earphone, baterai, dan motor yang berfungsi untuk menggetarkan ponsel (vibration).

Tiga komponen itu digunakan pada ponsel berbasis BlackBerry OS maupun BlackBerry 10. "Pelan-pelan kita mulai sourcing dari Indonesia," kata Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiyono Handoyo, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Untuk pembuatan earphone, pabriknya berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Sementara baterai dan motor penggetar ponsel dibuat di Batam, Kepulauan Riau.

Namun, Maspiyono enggan mengungkap nama pabrik yang membuat komponen tersebut. "Kita belum dapat persetujuan untuk mengungkap nama pabrik itu," jelasnya.

Ketiga komponen itu, lanjut Maspiyono, akan diekspor ke negara tempat perakitan ponsel BlackBerry, termasuk Meksiko dan Taiwan. Setelah melewati tahap pengontrolan kualitas, barulah ponsel-ponsel BlackBerry dikapalkan ke berbagai negara.

Selain itu, BlackBerry juga memanfaatkan tenaga kerja Indonesia untuk verifikasi aplikasi yang hendak masuk ke toko aplikasi BlackBerry World.

Perusahaan asal Kanada ini membangun kantor tim BlackBerry World di Denpasar, Bali, yang memiliki sekitar 30 karyawan dan didominasi oleh warga negara Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.