Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Galaxy S III Meledak di Swiss

Kompas.com - 22/07/2013, 09:51 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Penyebab ledakan perangkat Samsung Galaxy S III, yang membuat bagian paha Fanny Schlatter (18 tahun) asal Swiss mengalami luka bakar tingkat 3, mulai terungkap. Penyebab ledakan tersebut ternyata berasal dari baterai perangkat.

Menurut Juru Bicara Samsung Swiss, Mirjam Berger, baterai yang digunakan oleh Schlatter ternyata buatan pihak ketiga. Baterai tersebut bukan buatan Samsung atau perusahaan yang ditunjuk oleh Samsung.

"Laboratorium Federal untuk Pengujian Bahan di Laboratorium Dubendorf yang menguatkan kesimpulan ini," ujar Berger, seperti dikutip dari Phone Arena, Minggu (21/7/2013).

Laporan lainnya dari EMPA Material Science and Technology mengonfirmasikan hal yang sama dengan penelitian yang dilakukan oleh Samsung. Baterai pihak ketiga yang tidak seharusnya digunakan merupakan penyebab utama masalah tersebut.

Maraknya kasus gadget yang terjadi belakangan ini memang disebabkan oleh penggunaan perangkat pihak ketiga. Penyebab tewasnya pramugari cantik asal China, Ma Ailun, yang tersengat listrik ketika melakukan panggilan telepon dari iPhone 5 yang sedang isi baterai adalah penggunaan alat charge yang bukan dibuat oleh Apple. (Baca: Pramugari Tewas Tersengat Listrik dari iPhone 5)

Sementara itu, Wu Jiantong, pria yang juga berasal dari China, mengalami koma akibat tersetrum listrik dari iPhone. Penyebabnya pun tidak berbeda jauh, charger yang digunakan bukan produk Apple asli. (Baca: Kesetrum iPhone 4, Pria China Jatuh Koma)

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Kasus Ponsel Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com