Review: BlackBerry Q10, Keypad Empuk Kinerja Gegas

Kompas.com - 22/07/2013, 11:02 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry Q10 adalah representasi usaha BlackBerry merebut kembali masa kejayaannya. Di tengah persaingan ketat, BlackBerry coba menawarkan sistem operasi baru yang diklaim lebih cerdas, namun mempertahankan ciri khasnya sebagai produsen ponsel dengan desain papan ketik fisik (keypad).

Selain layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM), keypad format QWERTY adalah salah satu alasan mengapa masyarakat Indonesia menyukai BlackBerry.

Di Q10, BlackBerry membuktikan kematangannya mendesain keypad. Ponsel ini memberi sensasi pengalaman mengetik yang nyaman, serta performa yang seratus persen berbeda dibandingkan ponsel BlackBerry OS.

Desain

Jika Anda butuh ponsel dengan keypad yang nyaman, BlackBerry Q10 patut masuk dalam daftar pilihan.

Tombol-tombolnya didesain rapat dan sejajar. Dari pengalaman KompasTekno, tombol-tombol tersebut sangat empuk ketika dipakai mengetik cepat. Sekalipun Anda memiliki ibu jari yang besar, mungkin keypad Q10 masih terbilang nyaman, bahkan lebih nyaman dari BlackBerry Dakota.

Oik Yusuf/KompasTekno
Q10 tidak lagi dibekali trackpad atau trackball. Navigasi dilakukan dengan menyentuh layar atau keypad. Layar sentuhnya sangat responsif, tak seperti ponsel BlackBerry OS yang kadang kurang peka terhadap sentuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Q10 memiliki layar seluas 3,1 inci, resolusi 720 x 720 pixel, dan ketajaman layar 328 pixel per inci (ppi). Karakter jenis layar Super AMOLED yang dipakai Q10 memberi kontras yang lebih kaya dan warna hitam yang pekat.

Bagi Anda yang terbiasa memakai ponsel layar lebar, mungkin merasa sempit ketika bernavigasi dan memasukan input sentuhan di Q10. Keterbatasan layar ini membuatnya kurang mengasyikan jika dipakai untuk aktivitas multimedia atau hiburan. Layar seluas 3,1 inci tak akan memberi kepuasan dalam bermain game atau menonton video, apalagi layar ini berbentuk kotak persegi. BlackBerry nampak mengesampingkan unsur hiburan pada Q10.

Layar yang kecil ini hanya dapat menampung 12 ikon aplikasi. Anda harus menggeser layar ke kanan atau kiri untuk membuka aplikasi.

Oik Yusuf/KompasTekno

Setelah membahas bagian depan, kini kita bahas bagian belakang. Panel belakang Q10 terbuat dari materi serat karbon bertekstur yang lembut dan tidak licin.

Oik Yusuf/KompasTekno

Perlu diketahui, panel belakang Q10 bisa dilepas. Anda akan menemukan komponen baterai, sensor NFC, serta slot kartu MicroSIM dan memori eksternal MicroSD.

Sekarang masuk pada tombol dan port. Di samping kanan terdapat tombol voice control yang diapit oleh tombol pengatur volume. Di sisi kiri ada port MicroHDMI dan MicroUSB.

Oik Yusuf/KompasTekno

Sedangkan di sisi bawah, terdapat speaker dan microphone. Lalu di sisi atas, ada tombol daya, jack audio 3,5mm, dan microphone untuk menangkal suara yang tak diinginkan.

Oik Yusuf/KompasTekno

Performa dan fitur

Q10 yang dijajal KompasTekno memakai prosesor Qualcomm Snapdragon S4 jenis dual-core 1,5 GHz Krait, unit pemroses grafis Adreno 225, dan RAM 2GB. Untuk menyimpan data tersedia memori internal 16 GB yang dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 64 GB.

Secara umum, Q10 dapat berjalan mulus dan gegas ketika membuka aplikasi atau sekedar berpindah halaman. Pastikan Anda memperbarui sistem operasi untuk mendapat pengalaman terbaik dan stabil.

Anda dapat menjalankan game kelas kelas berat. Tetapi, sekali lagi, Anda tak akan puas bermain game atau video di layar 3,1 inci dengan aspek rasio 1:1.

BlackBerry memaksimalkan kontrol pada gestur layar sentuh. Jika Anda ingin mengaktifkan layar, cukup sapu jari dari bawah ke atas layar. Gestur serupa juga berlaku jika Anda ingin kembali ke tampilan utama (home).

Jika Anda terus-menerus menyapu jari ke kanan, Anda akan bertemu dengan BlackBerry Hub. KompasTekno sangat menyukai fitur ini, karena ia menjadi pusat notifikasi dan kotak masuk untuk BBM, SMS, e-mail, panggilan telepon, serta aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Cukup mengunjungi BlackBerry Hub, Anda bisa melihat semua notifikasi yang masuk.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.