Kompas.com - 22/07/2013, 13:33 WIB
Apple Aditya Panji/KOMPAS.comApple
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Apple mengakui situs web khusus pengembang aplikasinya telah disusupi peretas pada Kamis (18/7/2013). Hal ini membuat situs web itu sempat tak bisa diakses selama beberapa hari.

Situs tersebut merupakan akses untuk mencari informasi seputar iOS dan Mac OS X, mendapat alat pengembangan aplikasi, menguji aplikasi yang masih tahap beta, sampai forum pengembangan aplikasi.

Mulanya, Apple memberi keterangan bahwa situs tersebut sedang dalam pemeliharaan. Namun, Apple memperpanjang proses pemeliharaan sehingga membuat pengembang aplikasi bertanya-tanya.

Hingga akhirnya, Apple mengakui situs untuk pengembang itu telah disusupi oleh peretas. "Kamis lalu, seorang penyusup berusaha mengambil informasi pribadi pengembang aplikasi kami yang terdaftar di situs web," tulis Apple dalam e-mail kepada para pengembang.

Juru bicara Apple Tom Neumayr mengklaim informasi pribadi pengembang aplikasi di situs itu telah dienkripsi sehingga tak dapat diakses oleh peretas. Meski demikian, Apple tetap melakukan investigasi atas kemungkinan pencurian data.

Neumayr juga mengatakan, tak ada informasi pribadi pelanggan Apple yang dicuri dari aksi peretasan ini. "Situs web yang disusupi tidak terkait dengan informasi pelanggan. Informasi pelanggan aman terenkripsi," ujarnya seperti dikutip dari AllThingsD.

Agar peretasan tidak terjadi lagi, Apple akan merombak sistem, memperbarui perangkat lunak server, dan membangun lagi database pengembang aplikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X