Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Apple Sempat Dijahili Peretas

Kompas.com - 22/07/2013, 13:33 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Apple mengakui situs web khusus pengembang aplikasinya telah disusupi peretas pada Kamis (18/7/2013). Hal ini membuat situs web itu sempat tak bisa diakses selama beberapa hari.

Situs tersebut merupakan akses untuk mencari informasi seputar iOS dan Mac OS X, mendapat alat pengembangan aplikasi, menguji aplikasi yang masih tahap beta, sampai forum pengembangan aplikasi.

Mulanya, Apple memberi keterangan bahwa situs tersebut sedang dalam pemeliharaan. Namun, Apple memperpanjang proses pemeliharaan sehingga membuat pengembang aplikasi bertanya-tanya.

Hingga akhirnya, Apple mengakui situs untuk pengembang itu telah disusupi oleh peretas. "Kamis lalu, seorang penyusup berusaha mengambil informasi pribadi pengembang aplikasi kami yang terdaftar di situs web," tulis Apple dalam e-mail kepada para pengembang.

Juru bicara Apple Tom Neumayr mengklaim informasi pribadi pengembang aplikasi di situs itu telah dienkripsi sehingga tak dapat diakses oleh peretas. Meski demikian, Apple tetap melakukan investigasi atas kemungkinan pencurian data.

Neumayr juga mengatakan, tak ada informasi pribadi pelanggan Apple yang dicuri dari aksi peretasan ini. "Situs web yang disusupi tidak terkait dengan informasi pelanggan. Informasi pelanggan aman terenkripsi," ujarnya seperti dikutip dari AllThingsD.

Agar peretasan tidak terjadi lagi, Apple akan merombak sistem, memperbarui perangkat lunak server, dan membangun lagi database pengembang aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com