100 Juta Ponsel "Low End" Jalankan Facebook

Kompas.com - 22/07/2013, 15:02 WIB
Facebook for Every Phone The VergeFacebook for Every Phone
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Facebook mencatat sejarah baru di pasar negara berkembang. Saat ini, setiap bulannya ada 100 juta pengguna ponsel fitur yang terkoneksi dengan Facebook melalui aplikasi Facebook for Every Phone.

Facebook for Every Phone merupakan aplikasi yang berjalan di sekitar 3.000 model ponsel fitur yang tersedia di pasar global. Ia merupakan aplikasi berbasis Java yang dioptimalkan untuk konsumsi data ( internet) rendah, tetapi menawarkan fungsi dan fitur laiknya aplikasi di ponsel pintar.

Perusahaan jejaring sosial internet terbesar ini mengklaim, banyak pengguna ponsel di negara berkembang, seperti Indonesia, Filipina, dan India, yang mengakses Facebook pertama kali dari ponsel.

Operator seluler di ketiga negara itu juga mendukung Facebook dengan menawarkan akses data gratis, bahkan diskon jika pengguna mengakses Facebook.

"Pasar berkembang seperti Indonesia memang memiliki jumlah pengguna mobile phone lebih banyak dari populasi pengguna internet. Karena itulah, kita melihat kecenderungan orang mengakses internet dan Facebook untuk pertama kalinya di mobile phone," kata Elmer Sotto, Head of Growth Southeast Asia at Facebook, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Senin (22/7/2013).

Facebook for Every Phone tersedia berkat hasil pengembangan Snaptu, sebuah perusahaan yang diakuisisi Facebook pada 2011. Pada Agustus di tahun yang sama, tim kecil Snaptu berubah menjadi Facebook for Every Phone.

Facebook dikabarkan bakal mulai berjualan iklan di Facebook for Every Phone. Khusus di negara berkembang, Facebook juga fokus memperluas basis pengguna.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X