Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2013, 16:18 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Salah satu pendiri Twitter Biz Stone memberikan sebuah nasihat bisnis kepada jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, Facebook. Menurutnya, seharusnya Facebook memberikan layanan premium seharga 10 dollar AS atau sekitar Rp 100.000 kepada para penggunanya.

Melalui layanan "Facebook Premium" ini, pengguna akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya, pengguna tidak akan melihat lagi adanya iklan selama masa berlangganan.

"Saya memiliki ide untuk Facebook. Mereka dapat menawarkan Facebook Premium. Dengan 10 dollar AS per bulan, pengguna yang benar-benar mencintai Facebook (dan mampu tentunya), dapat tidak melihat iklan," kata Stone, seperti dikutip dari The Next Web, Senin (22/7/2013).

Menurut Stone, dengan adanya layanan premium semacam ini, Facebook dapat meningkatkan pendapatan dengan sangat drastis.

"Jika 10 persen pengguna Facebook menggunakan layanan ini, Facebook akan mendapatkan pendapatan 1 miliar dollar AS per bulan. Tidak terlalu buruk," ujarnya.

Stone berani menyarankan ide bisnis seperti ini, setelah berkaca kepada kesuksesan Pandora, layanan radio internet asal AS. Pandora berhasil meningkatkan pendapatan berkat layanan premium.

"Dari semua pendapatan Pandora, peningkatan tahunan terbesar (peningkatan 114 persen) melalui langganan, orang-orang membayar biaya bulanan untuk pengalaman tanpa iklan," katanya.

Akankah Facebook menerima saran dari Stone? Tampaknya tidak. Hingga saat ini, sama dengan Twitter, Facebook masih enggan untuk menaruh label harga di layanan mereka. Saat ini, baik Facebook maupun Twitter, masih bergantung banyak terhadap iklan untuk mendapatkan pemasukan.

Selain itu, Facebook sudah menyatakan sikapnya mengenai hal tersebut di halaman depan situs mereka: It's free and always will be (Ini gratis dan akan terus gratis).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.