Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2013, 04:35 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gangguan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) yang terjadi pada Selasa (23/7/2013) malam ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Akun Twitter resmi dukungan teknis BlackBerry Indonesia, yaitu @BlackBerryBantu, pada Selasa dini hari melontarkan kicauan: "Delay layanan BlackBerry masih berdampak ke pengguna di Asia Pasifik. Mohon maaf, kami akan update secepatnya. Tks atas kesabaran Anda."

Sementara layanan BBM "ngadat", pengguna masih bisa melakukan browsing, mengakses media sosial, chatting dengan aplikasi pihak ketiga, mengirim e-mail, sampai melakukan update status.

Di tahun 2013, layanan BlackBerry juga mengalami gangguan pada 12 Mei dan 3 Juli. Director Government Relations BlackBerry Indonesia Kusuma Lienandjaja sempat mengungkap alasan terganggunya layanan BlackBerry pada 3 Juli yang hanya terjadi di Indonesia.

"Ketika sedang maintenance update, ada konfigurasi yang salah, dan ada juga komponen yang failed sehingga sistem kami tidak berjalan dengan baik," ujarnya kepada KompasTekno.

Sementara itu, di tahun 2012, BlackBerry terganggu sebanyak tiga kali, yakni pada bulan Maret, Agustus, dan Oktober.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com