Kompas.com - 24/07/2013, 14:28 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Hampir tiga tahun kernel Linux 2.6.36 dirilis ke publik pada Oktober 2010. Sejak saat itu, aktivitas sponsor untuk Linux banyak berubah. Linux Foundation merilis statistik terbaru 20 perusahaan dengan kontribusi terbesar ke organisasi tersebut.

Menurut Linux Foundation, perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menambah dukungan perangkat keras untuk kernel, tetapi juga mengembangkan area kernel inti, seperti scheduler dan manajemen memori.

Seperti dikutip dari Tizen Indonesia, Samsung kini tercatat sebagai kontributor paling aktif dan telah meningkatkan persentase komitmen sponsor mereka menjadi 1,83 kali.

Peringkat kedua ditempati oleh Texas Instruments, lalu diikuti Broadcom dan Wolfson Microelectronics. Sementara di peringkat 5 dan 6 ditempati oleh Nokia dan Google.


Samsung mulai mengadopsi teknologi open source sekitar 10 tahun lalu dalam beberapa perangkat pra-rupa PDA dan alat rumah tangga. Lalu perusahaan memakai Linux ke televisi layar datar, dan diperluas lagi ke ponsel pintar, tablet, dan kamera digital.

Samsung mencoba berkontribusi lebih untuk proyek dan inovasi teknologi open source dengan membentuk Samsung Open Source Group (OSG) di San Jose, Amerika Serikat, pada Maret 2013. Samsung OSG juga memiliki kantor di Korea Selatan, Inggris, dan Finlandia.

Perusahaan asal Korea Selatan ini memperkerjakan 20.000 pengembang perangkat lunak yang dapat bekerja untuk teknologi open source. Samsung juga akan menambah jumlah tenaga kerja untuk mendukung open source.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.