Facebook Raup Untung Besar dari Iklan Mobile

Kompas.com - 26/07/2013, 10:04 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook sedang berusaha mengembangkan produk dan bisnisnya ke perangkat mobile. Upaya itu mulai berbuah manis setelah pendapatan dari iklan mobile naik cukup signifikan.

Jejaring sosial internet terbesar ini membukukan pendapatan sebesar 1.813 miliar dollar AS pada kuartal dua tahun 2013, atau naik 53 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi terbesarnya berasal dari iklan, yakni sebesar 88 persen.

Keuntungan Facebook dari iklan di kuartal ini mencapai 1,6 miliar dollar AS atau naik 61 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Perusahaan menyatakan 41 persen dari jumlah tersebut atau 656 juta dollar AS dihasilkan berkat iklan di perangkat mobile. Ini berarti, pendapatan iklan mobile Facebook tumbuh 30 persen dari kuartal pertama tahun 2013.

Kabar ini sontak membuat harga saham Facebook naik di bursa saham Nasdaq, New York. Upaya Facebook mendulang untung dari perangkat mobile menuai hasil baik.

"Dalam studi baru, orang telah mengatakan kepada kami bahwa mereka telah melihat terlalu banyak iklan. Jadi kita akan berinvetasi dalam meningkatkan kualitas," ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg, seperti dikutip dari Reuters.

Di kuartal ini, Facebook berhasil menghasilkan laba bersih sebesar 333 juta dollar AS. Padahal, pada periode yang sama tahun 2012, Facebook mengalami kerugian bersih hingga 157 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.