Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry PHK Karyawan Riset dan Penguji Produk Baru

Kompas.com - 26/07/2013, 10:49 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 250 karyawan di kantor pusatnya, Waterloo, Ontario, Kanada, Kamis (25/7/2013). Langkah ini dilakukan demi menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

"Ini merupakan bagian dari tahap berikutnya dan rencana perubahan kami untuk meningkatkan efisiensi dan skala perusahaan kami," kata juru bicara BlackBerry, seperti dikutip dari Reuters.

Karyawan yang di-PHK kali ini termasuk dalam tim pengujian produk baru, tim riset dan pengembangan, serta tim yang mendukung manufaktur.

Pertanda bahwa BlackBerry akan melakukan PHK di tahun 2013 sudah terlihat sejak awal Juli lalu, setelah perusahaan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan. Pada 2012, BlackBerry telah melakukan PHK terhadap ribuan karyawan secara global.

Pada kuartal dua tahun 2013, produsen ponsel BlackBerry ini kembali mengalami kerugian sebesar 84 juta dollar AS atau sekitar Rp830 miliar.

Saat ini, perusahaan sedang mencoba bangkit melalui produk Z10, Q10, dan Q5, yang semuanya bersistem operasi BlackBerry 10. Ketiganya diharapkan mampu bersaing dengan ponsel Android dan Apple iPhone.

Di Indonesia, BlackBerry mendirikan kantor di Jakarta sejak 2010 dan sekarang dipimpin oleh Maspiyono Handoyo sebagai direktur pelaksana. Beberapa posisi penting baru saja diisi di BlackBerry Indonesia, antara lain oleh Andi Utomo sebagai direktur distribusi dan Kusuma Lienandjaja sebagai direktur hubungan pemerintah.

BlackBerry juga menempatkan kantor tim toko aplikasi BlackBerry World di Denpasar, Bali. Tim ini bertugas melakukan verifikasi setiap aplikasi yang hendak dijual di BlackBerry World.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gonjang-Ganjing BlackBerry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com