Kompas.com - 26/07/2013, 14:26 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sepuluh perangkat Android yang menduduki urutan teratas di Indonesia merupakan model-model terjangkau dengan kisaran harga di bawah Rp 2,3 juta. Hal tersebut diungkap oleh laporan bulanan "State of the Mobile Web" dari hasil studi Opera Software bulan Juni yang difokuskan ke Indonesia.

Data tersebut diperoleh dengan mengumpulkan informasi perangkat yang mengakses server Opera Mini. Dari sini, ditemukan pula bahwa merek Samsung mendominasi daftar 10 perangkat Android terpopuler di Indonesia. Sebanyak 33 persen basis pengguna Opera Mini di Tanah Air disumbang oleh brand asal Korea ini.

Sebuah brand lokal berhasil duduk di urutan keempat, yaitu Smartfren dengan produk Andromax yang sekaligus menjadi satu-satunya smartphone dalam urutan 10 teratas ponsel pengguna Opera Mini yang bukan dibuat oleh Samsung.

Opera
Opera

Opera juga mencatat bahwa  pengguna peramban Opera Mini di Indonesia yang memakai smartphone Android meningkat sebesar 189 persen sepanjang Mei 2012 hingga Mei 2013. Angka tersebut merupakan yang tertingggi dibandingkan platform lain dan menunjukkan peningkatan popularitas Android di pasaran smartphone Indonesia.

Senang media sosial

Sebanyak 36 persen penggunaan data Opera Mini oleh pengguna Android Indonesia berasal dari situs jejaring sosial. Urutan pertama diduduki oleh Facebook yang menyumbang 68 persen dari total pageview.

Adapun lima besar situs yang paling banyak dikunjungi pengguna Opera Mini di Indonesia adalah Google.com, Facebook.com, Blogspot.com, Wordpress.com, dan Youtube.com secara berurutan.

Dari latar belakang demografi yang diperoleh dari sejumlah responden secara sukarela, ditemukan bahwa mayoritas pengguna Android Indonesia yang memakai produk peramban bikinan perusahaan itu berjenis kelamin laki-laki, yaitu sebesar 81 persen.

Kategori umur terbanyak berasal dari rentang 25-34 tahun sebanyak 40 persen, disusul rentang 18-24 tahun dengan 34 persen. Untuk hasil studi selengkapnya, silakan klik tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.