Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Terangkan Ciri Charger iPhone dan iPad Asli

Kompas.com - 26/07/2013, 15:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, seorang wanita mantan pramugari dikabarkan tewas tersengat listrik dari iPhone miliknya. Hal ini disinyalir terjadi karena korban yang bersangkutan memakai charger iPhone palsu.

Tak lama kemudian, seorang pria berumur 30 tahun di China menyusul dkabarkan nyaris kehilangan nyawa akibat insiden serupa.

Oleh sebab inilah, seperti dilansir oleh Phone Arena, pihak Apple selaku produsen gadget populer iPhone dan iPad berinisiatif mengimbau para pelanggan di China agar hanya memakai charger asli bikinan perusahaan itu dengan perangkatnya.

Imbauan tersebut disampaikan lewat situs resmi Apple di China dan turut mencantumkan ciri-ciri charger asli agar pengguna tak keliru memilih yang palsu.

Apple
Salah satu gambar di situs Apple China yang menerangkan ciri-ciri charger iPhone 5 asli

Meski murah, charger palsu memiliki kualitas komponen yang jauh lebih rendah dibandingkan charger asli, seperti bisa dilihat dalam penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini. Perbedaan tersebut kerap berujung pada risiko keselamatan yang dihadapi pengguna charger palsu.

Sang pramugari yang bernama Ma Ailun, misalnya, disinyalir tewas ketika menelepon dengan iPhone yang terhubung ke colokan listrik melalui charger palsu. (Baca: Pramugari Tewas Tersengat Listrik dari iPhone 5)

Sementara, si pria asal China, Wu Jiantong, tersengat listrik ketika mengisi baterai perangkat itu dengan charger. (Baca: Kesetrum iPhone 4, Pria China Jatuh Koma)

Permasalahan aksesori palsu tak terbatas pada produk-produk Apple saja. Sebelum cerita tewasnya Ma Ailun beredar luas, seorang pengguna Samsung Galaxy S III bernama Fanny Schlatter menderita luka bakar serius setelah perangkat itu meledak di dalam saku celananya. Galaxy S III milik Schlatter kemudian diketahui menggunakan baterai palsu.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Kasus Ponsel Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com