Kompas.com - 28/07/2013, 08:08 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Dalam sebuah survei, ShareThis, perusahaan yang menyediakan tombol share di berbagai situs terkenal, menobatkan iPhone sebagai perangkat paling sosial. Artinya, ponsel pintar buatan Apple ini merupakan produk yang paling banyak digunakan untuk berbagi konten situs web.

Dalam blog resminya, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mereka telah melakukan pengamatan selama 30 hari terhadap 2,4 juta situs web yang berada dalam jaringan mereka.

Perusahaan tersebut memonitor dan membandingkan sekitar 4,9 miliar "sinyal sosial" dari desktop, berbanding 1,2 miliar dari perangkat mobile untuk memahami pola penggunaan perangkat.

Hasilnya, ShareThis menyimpulkan bahwa iPhone digunakan tiga kali lebih banyak untuk berbagi konten dibandingkan perangkat PC desktop. Ia juga lebih banyak 1,5 kali dibandingkan platform mobile lainnya.

ShareThis
Perbandingan antara iPhone dan perangkat mobile lain
Sekitar 12,4 persen pengguna iPhone berbagi informasi via iPhone. Di tempat kedua ada Android dan BlackBerry yang masing-masing memiliki persentase sebesar 7,4 dan 6,3 persen.

Sharing via mobile ini banyak dilakukan melalui situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest. Facebook, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (25/7/2013), menjadi tempat berbagi konten paling besar via mobile dengan angka 60 persen.

Dari desktop, sekitar 5 persen pengguna berbagi konten via produk komputer Apple Mac. Sementara itu, hanya sekitar 3,9 pengguna PC yang mengklik tombol share.

Meski para pengguna perangkat mobile lebih gemar untuk berbagi konten, para pengguna PC desktop ternyata lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berbelanja secara online.

Dari survei ini juga diketahui bahwa pengguna iPad lebih gemar untuk mencari dan berbagi konten dengan gambar yang lebih "berat", seperti resep makanan dan fashion. Sedangkan pengguna iPhone lebih suka bersosialisasi, mendengarkan musik, dan membaca berita.

Secara keseluruhan, berbagi konten situs web merupakan 7,7 persen aktivitas yang dilakukan dari semua kegiatan via mobile, berbanding 4,1 persen via desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.