Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hacker" Tewas Sebelum Demo Peretasan Alat Pacu Jantung

Kompas.com - 29/07/2013, 11:50 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — Seorang peretas (hacker) ternama, Barnaby Jack, mendadak meninggal dunia di San Francisco, Amerika Serikat.

Pakar keamanan komputer yang terkenal karena menemukan celah keamanan di mesin anjungan tunai mandiri (ATM), ditemukan meninggal di kediamannya di San Francisco, Kamis (25/7/2013) lalu.

Seperti dikutip dari Reuters, Barnaby sejatinya akan menyampaikan sebuah presentasi mengenai kerentanan keamanan perangkat medis dalam konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas, AS.

Di konferensi ini, Barnaby berencana mendemonstrasikan betapa berbahayanya perangkat medis yang dipasang di jantung manusia karena dapat dengan mudah diretas secara nirkabel. Disebutkannya, ia dapat dapat membunuh seseorang yang memakai alat pacu jantung dari jarak 9,1 meter.

Saudara perempuannya, Amberleigh Jack, yang tinggal di New Zealand kepada Reuters mengatakan bahwa Jack meninggal pada usia 35 tahun.

Barnaby merupakan peretas paling terkenal di planet ini setelah mendemonstrasikan bagaimana sebuah ATM dapat diminta memuntahkan seluruh uang sesuka hati. Teknik itu terkenal dengan sebutan "Jackpotting".

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi penyebab kematian sang peretas legendaris ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com