Fantastis, Biaya Akuisisi Waze oleh Google

Kompas.com - 29/07/2013, 15:17 WIB
Google Aditya Panji/KompasTeknoGoogle
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google memang belum menyebutkan berapa besar uang yang harus mereka gelontorkan untuk mengakuisisi perusahaan layanan pemetaan berbasis komunitas Waze. Namun, lewat sebuah dokumen, akhirnya nilai uang tersebut akhirnya terkuak.

Awalnya, Google disinyalir merogoh kocek hingga 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 12,7 triliun untuk mengakuisisi perusahaan asal Israel tersebut. Namun, berdasarkan dokumen tersebut, diketahui bahwa Google tidak mengeluarkan uang sampai 1 miliar dollar AS.

Google, seperti dikutip dari BGR, Senin (29/7/2013), ternyata membayar uang sebesar 966 juta dollar AS atau sekitar Rp 10,2 triliun.

Dalam dokumen tersebut, Google juga diketahui telah membeli 7 perusahaan kecil lainnya selama kuartal kedua tahun 2013. Untuk semua perusahaan tersebut, Google mengeluarkan uang sebesar 53 juta dollar AS.

Google resmi mengakuisisi Waze pada pertengahan bulan Juni 2013 yang lalu. Untuk membeli perusahaan tersebut, Google mengalahkan beberapa perusahaan besar lainnya, seperti Facebook, Apple, dan Nokia.

Harian bisnis Globes asal Israel melaporkan, negosiasi Facebook gagal karena Waze ingin 110 karyawannya tetap berada di Israel. Google memiliki kantor besar di Tel Aviv dan di kota pelabuhan Haifa. Ini berarti, karyawan Waze bisa tetap bekerja di negara asalnya.

Waze didirikan pada 2008 oleh Uri Levine, Ehud Shabtai, dan Amir Shinar. Waze memiliki 40 juta pengguna terdaftar (per Februari 2013). Sebagai aplikasi GPS sosial, Waze mampu memberi arahan lalu lintas ke lokasi yang dituju. Database pemetaan yang dimiliki terbilang lengkap dan akurat berkat sumbangan informasi dari para pengguna.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X