Kompas.com - 29/07/2013, 17:16 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ada upaya damai yang dilakukan Apple dan Samsung untuk menyelesaikan sengketa hukum paten teknologi. Salah satunya dengan membayar lisensi paten untuk setiap ponsel pintar dan tablet yang terjual.

Menurut sumber yang akrab dengan masalah, Samsung sedang mencari kemungkinan untuk membayar lisensi ke Apple. Media massa Korea Times melaporkan, ada tawaran Samsung harus membayar ke Apple sebesar 30 dollar AS (sekitar Rp 300 ribu) untuk setiap ponsel yang terjual dan 40 dollar AS (Rp 400 ribu) untuk setiap tablet yang terjual.

Jumlah itu terbilang tinggi dan mungkin memberatkan Samsung. Apalagi, ada banyak ponsel pintar dan tablet Galaxy yang dinilai Apple telah melanggar patennya.

Sekadar catatan, HTC dan Apple menemukan jalan damai setelah keduanya menyepakati lisensi paten. Menurut kabar yang beredar di industri teknologi, HTC membayar 5 dollar AS kepada Apple untuk setiap ponsel pintar yang dinilai melanggar paten.

Untuk menemukan jalan damai dengan Samsung, Apple juga minta perusahaan itu menandatangani kesepakatan anti-cloning. Semua upaya ini masih dalam tahap pembicaraan dan belum resmi diungkapkan ke publik.

Perseteruan antara Apple dan Samsung berlangsung sejak 2011 di 9 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Inggris, Jerman, Korea Selata, dan Australia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X