Foto Instagram Tiba-tiba Menghilang

Kompas.com - 31/07/2013, 09:32 WIB
Instagram Josh Edelson/AFPInstagram
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Foto-foto yang dipublikasi di Instagram tiba-tiba menghilang pada Selasa (30/7/2013). Hal ini hanya dialami sebagian pengguna yang memakai aplikasi pihak ketiga untuk memublikasi foto di Instagram (Instagram client).

Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna aplikasi Instance, yang merupakan aplikasi Instagram client paling populer di Windows Phone. Beberapa saat setelah diunggah, foto menghilang dari timeline sehingga tak bisa dilihat oleh pengguna lain. Namun, foto dari Instance masih tersimpan di galeri foto pemilik akun Instagram.

Hal ini disebabkan karena Instagram mengubah Application Programming Interface (API) yang dipakai aplikasi pihak ketiga seperti Instance, Hipstamatic, maupun 6stagram.

"Kami baru saja membuat update ke sistem yang kita gunakan untuk melawan spam, dan untuk membantu mencegah serangan di masa depan serta meningkatkan keamanan," kata juru bicara Instagram seperti dikutip dari The Verge.

Pihak Instagram menjelaskan, hilangnya foto ini tidak secara spesifik menargetkan suatu aplikasi tertentu atau sistem operasi tertentu.

Pengembang aplikasi Instance, Daniel Gary mengatakan, Instagram punya hak untuk mengunci API kepada aplikasi pihak ketiga. Namun, ia berharap Instance bisa mendapatkan akses lagi ke Instagram.

Setelah tim teknis Instagram melakukan perbaikan, beberapa pengguna Instance melaporkan sudah berhasil mengunggah foto ke Instagram.

Aplikasi resmi Instagram hingga kini belum hadir di Windows Phone 8. Momentum ini dimanfaatkan pengembang untuk membuat aplikasi Instagram client dan menjualnya di Windows Phone Store.

Nokia, sebagai produsen ponsel Windows Phone terbesar, baru saja bermitra dengan aplikasi Hipstamatic yang bisa digunakan untuk memublikasi foto di Instagram. Hipstamatic dijadikan daya tarik oleh Nokia agar pengguna Instagram mau beralih ke Windows Phone.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X