Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorilla Glass Akan Lindungi Laptop Layar Sentuh

Kompas.com - 31/07/2013, 10:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Layar laptop touchscreen tentu rawan tergores karena sering disentuh. Untuk mengatasi persoalan ini, Corning, si kreator kaca antigores Gorilla Glass yang banyak dipakai di gadget mobile, mengatakan bakal menerapkan produknya itu di laptop layar sentuh.

"Kami yakin Corning Gorilla Glass NBT akan lebih baik dari kaca soda-lime konvensional dan 10 kali lebih tahan terhadap goresan," ujar wakil presiden senior dan manajer umum Material Khusus Corning James Steiner, seperti dikutip oleh Electronista. Kalaupun tergores, dikatakan bahwa goresan tak akan terlalu terlihat berkat Gorilla Glass NBT.

Kemampuan tahan gores itu disebut Steiner hanya akan sedikit menambah harga jual laptop yang bersangkutan, yaitu sebesar 1-2 persen.

Kaca Gorilla Glass besutan Corning juga lebih kuat dibandingkan pelapis layar konvensional. Dalam video di bawah yang dilansir oleh PCWorld, misalnya, terlihat Gorilla Glass NBT mampu menahan layar laptop yang terhalang pulpen ketika ditutup.

Gorilla Glass sendiri sebenarnya sudah dipakai oleh beberapa produsen laptop di produk-produk mereka, seperti HP Envy atau beberapa tawaran high-end dari Dell. Namun, sebelum ini Corning belum serius memasuki pasar laptop layar sentuh.

Gorilla Glass awalnya dipakai untuk melapis layar iPhone generasi pertama. Berkat reputasinya, layar antigores itu kini dipakai di banyak ponsel pintar lain dan kini akan segera melebar ke segmen laptop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com