Muncul 2007, iPhone Sudah Digarap sejak 1984

Kompas.com - 31/07/2013, 14:49 WIB
John Sculley (tengah) diapit oleh dua pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak Sal Veder/APJohn Sculley (tengah) diapit oleh dua pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Mantan CEO Apple, John Sculley, mengatakan bahwa Steve Jobs telah memikirkan ponsel pintar di bawah merek Apple sejak 1984, tahun ketika perusahaan itu memperkenalkan komputer pribadi Macintosh.

Dalam wawancara dengan CNBC TV18, Sculley berkisah bahwa awalnya iPhone akan diberi nama Mac. Kala itu, Jobs memikirkan banyak produk dan tentang kebutuhan orang-orang.

"Aku ingat kita bekerja untuk ponsel Mac pada akhir tahun 1984. Dia sering mengatakan, hal yang paling penting bukan hanya hal yang membangun, melainkan juga hal-hal yang tidak membangun," ujar Sculley.

Apple resmi memperkenalkan ponsel pintar dengan nama iPhone pada 2007 silam. Ponsel ini memaksimalkan layar sentuh untuk navigasi. Ia hanya memiliki satu tombol fisik home di bawah layar.

Ketika ditanya soal kemungkinan adanya iPhone versi murah, Sculley menduga hal itu mungkin saja terjadi. Namun, Apple tak akan memasang harga terlalu rendah. "Saya tidak berpikir mereka akan masuk ke kisaran harga 100 dollar AS," tuturnya.

Jika nanti Apple merilis iPhone versi murah, maka ia yakin produk itu akan disukai karena Apple punya basis pengguna loyal yang sering disebut fanboy. Sculley memberi contoh, iPad Mini mendapat sambutan baik meskipun Apple sudah memiliki iPad berukuran 9,7 inci.

Menurutnya, Apple mirip seperti BMW yang tidak mau bersaing dengan merek yang memberi harga terendah. Di bawah Tim Cook, Sculley yakin Apple akan terus berinovasi dalam setahun ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ditanya apakah ada perusahaan yang akan menjadi "The Next Apple", Sculley menjawab: Amazon.com. Dia juga berpikir bahwa pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, memiliki karakter yang sama dengan Steve Jobs.

"Dia sangat cerdas. Dia sangat kreatif. Dia benar-benar telah menciptakan kembali cara ketika perdagangan dilakukan secara online," tutup Sculley.

Sculley meninggalkan Apple pada 1993. Sekarang dia bekerja untuk Sculley Brothers, sebuah perusahaan pemodal yang berinvestasi di perusahaan-perusahaan.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.