Kompas.com - 02/08/2013, 14:51 WIB
Tablet Microsoft Surface MicrosoftTablet Microsoft Surface
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Tablet Microsoft Surface

KOMPAS.com — Kinerja penjualan tablet dengan sistem operasi Windows RT sejauh ini masih mengecewakan. Tablet Surface dari Microsoft, misalnya, menumpuk di gudang dan membuat raksasa software itu harus mengurangi nilai buku sebesar 900 juta dollar AS.

Kekecewaan itu juga dirasakan Asus selaku salah satu rekanan Microsoft yang ikut membuat perangkat Windows RT. "Hasilnya tak begitu menjanjikan," ujar Chairman Asus Jonney Shih pada AllThingsD, mengacu pada masalah yang dihadapi Surface dan tablet Windows RT bikinan Asus sendiri, ViVoTab RT.

Shih menambahkan bahwa para pengguna masih banyak yang memakai aplikasi Windows tradisional. Sistem Operasi Windows RT yang dibuat untuk arsitektur ARM memang tidak bisa menjalankan aplikasi standar Windows. Hal ini merupakan salah satu kelemahan terbesarnya yang membuat Windows RT kurang dilirik.

Kesalahan lain yang dibuat oleh Microsoft, lanjut Shih, adalah menghilangkan tombol "Start" pada Windows 8, yang kemudian terpaksa dimunculkan kembali oleh produsen software yang bersangkutan pada Windows 8.1. "Jujur saja, saya sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di tampilan desktop ketimbang Metro," ujar Shih, seperti dikutip oleh PCWorld.

Shih pun mengatakan bahwa pihaknya bakal berkonsentrasi pada perangkat-perangkat Windows 8 -bukan RT- yang berbasis prosesor Intel.

Asus bergabung dengan sejumlah pabrikan komputer lain yang menarik dukungan untuk Windows RT. Sebelumnya, HP dan Toshiba telah menyatakan tak bakal mendukung sistem operasi itu jauh-jauh hari sebelum diluncurkan. Samsung menolak memasarkan tablet Windows RT di Amerika Serikat, dan Lenovo juga telah memutuskan untuk tidak lagi membuat perangkat Windows RT.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X