Apple vs Samsung Diwarnai Campur Tangan Pemerintah AS

Kompas.com - 05/08/2013, 08:27 WIB
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. NICHOLAS KAMM / AFPPresiden Amerika Serikat, Barack Obama.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sengketa paten antara Apple dengan Samsung ternyata mendapat perhatian dari pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden Barack Obama. Pemerintahan Obama membatalkan putusan Komisi Perdagangan Internasional AS yang melarang penjualan atau impor ponsel dan tablet Apple model lama yang dinilai melanggar paten Samsung.

Pada Juni lalu, Komisi Perdagangan Internasional AS (International Trade Commision/ITC) memenangkan Samsung dan melarang impor atau penjualan iPhone 4, iPhone 3GS, iPad generasi pertama versi 3G, dan iPad generasi kedua versi 3G, yang didistribusikan oleh operator seluler AT&T di AS.

Michael Froman, Wakil Perdagangan Amerika Serikat, menggunakan hak veto untuk membatalkan larangan penjualan iPhone dan iPad tersebut, Sabtu (3/8/2013). Froman, yang jadi juru bicara Obama untuk urusan perdagangan dan investasi internasional, mengatakan, hal ini akan "berdampak pada persaingan dalam perekonomian AS dan berpengaruh pada konsumen di AS."

"Keputusan saya menolak putusan ini bukan berarti pemilik paten tidak memiliki pemulihan hak. Sebaliknya, pemilik paten dapat terus mengejar haknya melalui pengadilan," tulis Froman dalam surat resminya.

Langkah ini menandai pertama kalinya sejak 1987, presiden menggunakan hak veto untuk membatalkan putusan Komisi Perdagangan Internasional AS.

Pihak Samsung menyatakan kekecewaannya atas pencabutan larangan tersebut. Perusahaan Korea Selatan ini mengaku, sebelumnya telah melakukan negosiasi dengan Apple sebagai itikad baik. Namun, Apple tetap tidak mau membayar lisensi paten.

Apple menyambut baik veto yang diambil Pemerintah Obama. "Kami memuji pemerintah untuk mendorong inovasi dalam kasus penting ini. Samsung telah menyalahgunakan sistem paten dengan cara ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Komisi Perdagangan International menargetkan larangan penjualan iPhone dan iPad model lama selama setahun. Produk-produk Apple itu dianggap melanggar paten teknologi nirkabel 3G milik Samsung.

Sementara produk iPhone dan iPad model lainnya, dinilai tidak melanggar paten karena memakai cip seluler yang berbeda.

Dalam suratnya, Froman berpendapat, paten teknologi 3G milik Samsung ini termasuk dalam Standards-Essential Patents (SEP) yang dianggap melibatkan kepentingan umum. Dalam aturan di AS, perusahaan pemilik SEP harus melisensikan paten tersebut kepada kompetitor dengan biaya yang adil, wajar, dan tidak diskriminatif, untuk memfasilitasi kemajuan teknologi dan membangun persaingan usaha yang sehat.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.