Apple Tawarkan Tukar Tambah "Charger" KW

Kompas.com - 06/08/2013, 10:37 WIB
Perbedaan charger iPhone asli (kiri) dengan yang palsu Ken Shirriff/ Righto.comPerbedaan charger iPhone asli (kiri) dengan yang palsu
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Apple memberikan solusi terhadap masalah "sengatan listrik" yang marak terjadi di China belakangan ini. Mereka menawarkan program tukar tambah untuk mengganti charger buatan pihak ketiga milik pengguna dengan produk resmi buatan Apple.

Menyadari bahwa charger buatan pihak ketiga atau tidak resmi didesain dengan tidak baik dan dapat menimbulkan masalah tersendiri, Apple mengumumkan sebuah program yang disebut "USB Power Adapter Takeback Program". Melalui program ini, para pengguna dapat menukar charger tidak resmi milik mereka dengan harga hanya 10 dollar AS atau sekitar Rp 100.000.

Harga tersebut jauh lebih murah dari harga biasanya. Charger iPhone biasanya dijual dengan harga sekitar 20 hingga 40 dollar AS.

"Keselamatan konsumen adalah prioritas teratas Apple. Oleh karena itu, semua produk kami—termasuk USB Power Adapter untuk iPhone, iPad, dan iPod— sudah melalui berbagai macam tes untuk keselamatan dan keandalan serta didesain untuk memenuhi standar keselamatan di seluruh dunia," tulis Apple, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (6/8/2013).

Program ini sendiri akan dimulai pada 16 Agustus dan berakhir pada 18 Oktober 2013 mendatang, dan terbatas hanya untuk pertukaran sebuah charger per perangkat. Untuk melakukan pertukaran, pengguna wajib membawa perangkat mereka pada saat pertukaran untuk verifikasi nomor serial.

Program tersebut berjalan di Apple Store di seluruh dunia. Namun, karena Apple masih belum membuka Apple Store di Indonesia, program ini tampaknya tidak berlaku di Indonesia. Belum ada kepastian apakah program ini bisa dilakukan melalui reseller resmi.

Maraknya kasus meledak atau sengatan listrik dari gadget yang terjadi belakangan ini memang disebabkan oleh penggunaan perangkat pihak ketiga. Penyebab tewasnya pramugari cantik asal China, Ma Ailun, yang tersengat listrik ketika melakukan panggilan telepon dari iPhone 5 yang sedang isi baterai adalah penggunaan alat charge yang bukan dibuat oleh Apple. (Baca: "Pramugari Tewas Tersengat Listrik dari iPhone 5")

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Wu Jiantong, pria yang juga berasal dari China, mengalami koma akibat tersetrum listrik dari iPhone. Penyebabnya pun tidak berbeda jauh, charger yang digunakan bukan produk asli dari Apple. (Baca: "Kesetrum iPhone 4, Pria China Jatuh Koma")

Baca tentang


Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.