Pendiri Amazon.com Janji Jaga Nilai "Washington Post" - Kompas.com

Pendiri Amazon.com Janji Jaga Nilai "Washington Post"

Kompas.com - 06/08/2013, 14:30 WIB
Richard Brian/Reuters
Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos
KOMPAS.com — Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos, akan membeli perusahaan surat kabar The Washington Post sebesar 250 juta dollar AS, Selasa (6/8/2013). Washington Post merupakan salah satu media massa terkemuka di Amerika Serikat yang mempunyai pengaruh besar.

Langkah ini merupakan aksi akuisisi Bezos pribadi. Kepada karyawan dan pembaca, Bezos berjanji akan melestarikan tradisi jurnalistik surat kabar yang telah berusia 135 tahun itu.

"Saya memahami peran penting Washington Post dalam kehidupan di Washington, DC, dan bangsa kita, dan nilai-nilai Post tidak akan berubah," tulis Bezos dalam surat resminya.

Bezos tidak menjelaskan secara rinci motivasinya membeli Washington Post. Ia pribadi tidak memainkan peran penting dalam politik AS, tetapi ia digambarkan sebagai penganut libertarian. Bezos dan istrinya berkontribusi dalam kampanye yang melegalkan pernikahan sesama jenis di Washington pada tahun 2012.

Langkah akuisisi ini juga mengakhiri era kepemilikan keluarga Graham di Washington Post. CEO Washington Post Donald Graham mengatakan, rencana menjual surat kabar itu sudah ada sejak awal tahun 2013 setelah melihat adanya indikasi penurunan jumlah pembaca dan pendapatan iklan.

"Jeff Bezos terbukti memiliki kejeniusan bisnis di bidang teknologi, pendekatan jangka panjang, dan kesopanan pribadi, membuatnya menjadi pemilik baru yang baik untuk Washington Post," kata Graham.

Selanjutnya, Katharine Weymouth, yang tak lain adalah keponakan Donald Graham, dipercaya Bezos untuk menjabat sebagai CEO baru Washington Post.

Washington Post mengalami kerugian 49,3 juta dollar AS dalam periode enam bulanan yang berakhir pada Juni 2013. Jumlah itu lebih besar dibandingkan kerugian 33,2 juta dollar AS pada periode yang sama tahun 2012.

Perusahaan ini menghadapi rintangan besar yang juga melanda surat kabar perkotaan di AS. Sebelumnya, surat kabar Boston Globe juga dijual oleh induk perusahaannya, The New York Times, sebesar 70 juta dollar AS.

Seperti dikutip dari Reuters, Washington Post adalah surat kabar harian terbesar ketujuh di Amerika Serikat. Surat kabar ini membedakan dirinya melalui laporan politik yang menyoroti kisah di Gedung Putih, Kongres, dan aspek lain dari Pemerintah AS.

Pada 1974, wartawan Washington Post Bob Woodward dan Carl Bernstein menulis skandal "Watergate" yang menyebabkan Presiden AS Richard Nixon mengundurkan diri.

Besoz dan bisnisnya

Besoz dianggap sukses membangun perusahaan toko online Amazon.com yang berbasis di Seattle. Selama dua dekade terakhir, Amazon menjadi salah satu toko online ritel terbesar di AS dan dunia.

Bisnis Washington Post akan dijalankan terpisah dengan Amazon.com.

Bezos juga menjalankan bisnis penerbitan lain, termasuk surat kabar Express, The Gazette Newspapers, Southern Maryland Newspapers, Fairfax County Times, El Tiempo Latino, dan Greater Washington Publishing.

Menurut majalah Forbes, Bezos adalah orang terkaya nomor 19 di dunia dengan harta mencapai 5,2 miliar dollar AS. Kendaraan investasinya, Bezos Expeditions, juga melakukan investasi di perusahaan Twitter dan Business Insider.

Proyek pribadi besar Bezos adalah Blue Origin, sebuah lembaga non-pemerintahan pertama yang terobsesi mengirim orang atau kargo ke luar angkasa. Perusahaan ini berpotensi memenangi kontrak dengan NASA.


EditorWicak Hidayat
SumberReuters

Close Ads X