Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, iPad Dikalahkan Tablet Android

Kompas.com - 11/08/2013, 11:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Selama beberapa tahun, iPad menjadi "raja" yang tak terkalahkan di kategori produk tablet. Namun kini, pionir perangkat tablet itu mulai dikalahkan para kompetitor yang mengadopsi sistem operasi Android.

Menurut laporan firma riset Canalys yang dikutip oleh The Inquirer, angka pengiriman perangkat iPad dan iPad mini mengalami penurunan sebesar 14 persen pada kuartal kedua 2013, dari 17 juta unit pada kuartal yang sama tahun lalu menjadi 14,6 juta unit.

Untuk pertama kalinya, Canalys memprediksi pengiriman produk tablet Android secara keseluruhan telah melebihi iPad.

Kemunduran iPad, menurut Canalys, antara lain disebabkan oleh hardware perangkat itu yang mulai tertinggal dan memudarnya antusiasme terhadap produk tersebut.

"Ketika Apple memutuskan untuk memperbarui lini produk iPad, tak akan ada antusiasme yang ditimbulkan oleh peluncuran-peluncuran sebelumnya," ujar analis Canalys, James Wang, seperti dikutip oleh Electronista.

"Tablet kini adalah produk mainstream dan inovasi hardware menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Tablet Android dari merek-merek besar telah menyentuh titik harga 150 dollar AS sehingga menguntungkan untuk konsumen yang sensitif terhadap harga," tambah Wang.

Canalys Angka pengapalan tablet di kuartal kedua 2013 dari Canalys.

iPad turun, kompetitor naik

Seperti terlihat pada tabel di atas, meski pangsa pasar iPad menurun dari 71,2 persen pada setahun lalu dan kini menjadi 42,7 persen, Apple mempertahankan posisinya sebagai produsen tablet dengan angka pengiriman terbesar pada kuartal kedua 2013, yakni 14.617.000 unit.

Di bawah Apple menyusul Samsung di urutan kedua dengan angka pengiriman tablet 7,3 juta unit atau sekitar setengah dari jumlah yang dicatat Apple.

Namun, perlu dicatat pula bahwa tablet Samsung mengalami kenaikan pangsa pasar sebesar 294 persen dari kuartal kedua 2012 ke kuartal kedua 2013.

Produsen tablet Android lain, yaitu Amazon, Lenovo, dan Acer, masing-masing juga mencatat kenaikan pangsa pasar lebih dari 200 persen.

Kenaikan angka pengiriman para kompetitor Apple ini, menurut Canalys, didorong oleh meningkatnya popularitas tablet dengan layar kecil. "Komponen layar sentuh memakan biaya besar pada ongkos produksi tablet. Oleh karena itu, produk berlayar kecil bisa dipasarkan dengan sangat agresif," papar analis senior Canalys, Tim Coulling.

Canalys memprediksi, 68 persen tablet yang dikirimkan pada kuartal kedua 2013 merupakan tablet dengan ukuran layar di bawah 9 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com