Lebaran: Trafik Internet Meningkat, Telepon Menurun

Kompas.com - 11/08/2013, 17:04 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan nampaknya mulai menggusur popularitas SMS yang biasa digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat Lebaran. Berdasarkan laporan trafik seluler selama Lebaran 2013, terlihat layanan data ( internet) mengalami lonjakan paling besar.

Menurut Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, hal ini disebabkan semakin banyak orang yang menggunakan ponsel pintar dan tersedianya beragam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, Path, hingga Facebook.

Dengan adanya aplikasi pesan instan tersebut, lanjut Ongki, seseorang bisa mengirim pesan Lebaran yang lebih variatif.

Menurut laporan tiga operator seluler, lonjakan trafik terbesar terjadi pada sehari sebelum (H-1) Lebaran 2013. Operator Telkomsel melaporkan, trafik datanya pada H-1 Lebaran melonjak jadi 268 terabyte per hari atau naik 21,36 persen dibandingkan hari biasa tahun 2013.

Operator XL juga mengalami hal serupa. Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Axiata asal Malaysia ini, melaporkan, trafik data pada H-1 Lebaran melonjak jadi 245 terabyte per hari atau naik 32,4 persen dibandingkan hari biasa yang trafik rata-ratanya 185 terabyte per hari.

Begitu juga dengan Indosat yang trafik datanya pada H-1 Lebaran naik sebesar 42,29 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati berpendapat, daerah-daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, mengalami lonjakan trafik yang siginikan karena daerah tersebut merupakan tujuan mudik utama.

Trafik telepon menurun

Tren komunikasi data mulai menggerus layanan voice (suara/telepon). Ketiga operator ini melaporkan bahwa layanan teleponnya mengalami penurunan sepanjang momen Lebaran, termasuk pada hari H.

Jika dibandingkan dengan hari biasa tahun 2013, layanan voice Telkomsel turun 4,25 persen pada hari H Lebaran. XL dan Indosat juga demikian, masing-masing turun 3,3 persen dan 8,8 persen dibandingkan hari biasa tahun 2013.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X