Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran: Trafik Internet Meningkat, Telepon Menurun

Kompas.com - 11/08/2013, 17:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan nampaknya mulai menggusur popularitas SMS yang biasa digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat Lebaran. Berdasarkan laporan trafik seluler selama Lebaran 2013, terlihat layanan data (internet) mengalami lonjakan paling besar.

Menurut Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, hal ini disebabkan semakin banyak orang yang menggunakan ponsel pintar dan tersedianya beragam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, Path, hingga Facebook.

Dengan adanya aplikasi pesan instan tersebut, lanjut Ongki, seseorang bisa mengirim pesan Lebaran yang lebih variatif.

Menurut laporan tiga operator seluler, lonjakan trafik terbesar terjadi pada sehari sebelum (H-1) Lebaran 2013. Operator Telkomsel melaporkan, trafik datanya pada H-1 Lebaran melonjak jadi 268 terabyte per hari atau naik 21,36 persen dibandingkan hari biasa tahun 2013.

Operator XL juga mengalami hal serupa. Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Axiata asal Malaysia ini, melaporkan, trafik data pada H-1 Lebaran melonjak jadi 245 terabyte per hari atau naik 32,4 persen dibandingkan hari biasa yang trafik rata-ratanya 185 terabyte per hari.

Begitu juga dengan Indosat yang trafik datanya pada H-1 Lebaran naik sebesar 42,29 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati berpendapat, daerah-daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, mengalami lonjakan trafik yang siginikan karena daerah tersebut merupakan tujuan mudik utama.

Trafik telepon menurun

Tren komunikasi data mulai menggerus layanan voice (suara/telepon). Ketiga operator ini melaporkan bahwa layanan teleponnya mengalami penurunan sepanjang momen Lebaran, termasuk pada hari H.

Jika dibandingkan dengan hari biasa tahun 2013, layanan voice Telkomsel turun 4,25 persen pada hari H Lebaran. XL dan Indosat juga demikian, masing-masing turun 3,3 persen dan 8,8 persen dibandingkan hari biasa tahun 2013.

Selain voice, pemakaian data yang tinggi juga berdampak signifikan pada layanan SMS XL. Perusahaan melaporkan trafik SMS-nya menurun 25,3 persen pada H-1 dan menurun 28 persen pada hari H Lebaran.

Meski demikian, hal ini tidak terjadi pada Telkomsel dan Indosat, keduanya masih mengalami kenaikan pada layanan SMS.

Pada H-1 dan hari H Lebaran, layanan SMS Telkomsel naik 12,47 persen dan 5,42 persen dibandingkan hari biasa. Indosat juga mengalami kenaikan trafik SMS sebesar 24,92 persen pada H-1 dan 20,20 persen pada hari H Lebaran.

Dari pantauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), layanan telekomunikasi sepanjang Lebaran 2013 berada dalam tingkatan yang cukup baik. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto mencatat, tingkat keberhasilan panggilan telepon, waktu pengiriman SMS, dan layanan akses internet, masih berada di atas rata-rata standar kualitas yang telah ditetapkan.

"Tidak ada satupun layanan telekomunikasi dari seluruh penyelenggara telekomunikasi yang mengalami putus koneksi," ujar Gatot dalam siaran persnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com