Kabel Telkom Dicuri, 3G Telkomsel Terganggu

Kompas.com - 12/08/2013, 17:28 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Layanan internet 3G dari Telkomsel mengalami gangguan sejak Minggu siang (11/8/2013) pukul 12.00 WIB. Hal ini disebabkan putusnya kabel fiber optic kapasitas 96 core dan kabel tembaga kapasitas 1.400 satuan sambungan telepon milik perusahaan induk Telkom di wilayah Medan, Sumatera Utara.

"Konsekuensinya, trafik internet melalui jaringan 3G Telkomsel sedikit melambat tapi masih bisa berfungsi serta gangguan komunikasi data dan internet beberapa pelanggan korporat," kata Arif Prabowo, Vice President Public Relations Telkom, dalam keterangan resmi yang KompasTekno terima, Senin (12/8/2013).

Mengetahui adanya masalah ini, pihak Telkom pun langsung bergerak cepat dengan melakukan perbaikan kabel.

"Telkom sedang melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan secepatnya pulih," ujar Arif.

Sambil menunggu perbaikan, Telkom mengalihkan sebagian trafik melalui jalur transmisi lain dan radio transmisi digital dengan memprioritaskan layanan publik dan layanan Telkomsel.

"Dengan kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada para pelanggan, karena akses layanan komunikasi di beberapa lokasi di Medan terganggu, baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet serta komunikasi data," kata Arif.

Gangguan layanan ini tampaknya tidak akan berlangsung lama. Telkom memprediksi layanan bisa kembali pulih pada Selasa (13/8/2013).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X