Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Punya Pabrik Ponsel Pintar?

Kompas.com - 13/08/2013, 08:44 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Korea Utara tampaknya tidak main-main soal produksi gadget mobile semacam tablet dan ponsel pintar. Negeri yang sangat tertutup dari dunia luar ini dikabarkan telah memiliki sebuah pabrik, untuk membuat ponsel pintar.

Pabrik tersebut pun sudah memulai operasinya. Menurut media asal Korea Utara, North Korea Tech, saat ini pabrik yang diketahui berada di wilayah ibukota Pyongyang ini sedang memproduksi sebuah ponsel pintar yang memiliki nomor seri AS1201 dan akan dikenal dengan nama Arirang.

Sayangnya, media tersebut tidak menyebutkan spesifikasi apa yang mempersenjatai Arirang. Meskipun begitu, diketahui bahwa perangkat ini berjalan di sistem operasi Android, memiliki layar sentuh, dan kamera dengan piksel yang tinggi.

Dukungan pemerintah

Pemimpin tertinggi negara tersebut, Kim Jong-Un, tampak sangat mendukung keberadaan dan juga kegiatan produksi pabrik ini. Ia dikabarkan sudah mengunjungi pabrik tersebut dan juga mencoba langsung Arirang.

The Next Web
Kim Jong-Un mengunjungi pabrik pembuatan Arirang
"Kim Jong-Un sangat menghargai kepintaran kreativitas dan antusiasme patriotik yang dimiliki tenaga kerja dan karyawan dari pabrik dengan meletakkan pondasi kuat untuk produksi massal ponsel melalui proses produksi yang modern," tulis media tersebut, seperti dikutip dari The Next Web, Selasa (13/8/2013).

Kim Jong-Un juga memuji pengembangan aplikasi perangkat ini yang dianggapnya sangat berbau Korea, menyediakan kenyamanan sambil menjamin keamanan pengguna.

"Sangat menyenangkan untuk melihat ponsel yang secara sukses diproduksi dengan teknologi yang pintar," ujar Kim Jong-Un.

Pabrik "palsu"?

Meskipun memiliki beberapa foto yang memperlihatkan tenaga kerja sedang merakit ponsel, diduga pabrik di Pyongyang ini "palsu". Palsu di sini artinya, pabrik tersebut tidak digunakan untuk memproduksi ponsel pintar secara langsung.

Menurut hasil observasi North Korea Tech, pegawai hanya memeriksa dan mencoba perangkat yang sudah jadi. Tidak ada bukti gambar yang memperlihatkan bahwa perangkat ini sedang dirakit.

Arirang diduga diproduksi oleh negara lain di luar Korea Utara, diduga kuat China. Industri teknologi negeri tersebut memang berfokus pada pengembangan perangkat lunak.

Sebelumnya, Korea Utara diketahui sudah memiliki perangkat tablet sendiri yang dinamakan Samjiyon. Perangat ini dikatakan memiliki performa yang tidak terlalu buruk, meskipun ada beberapa fitur tablet pada umumnya yang tidak bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com