Kompas.com - 13/08/2013, 14:46 WIB
Tablet Apple iPad Mini dan iPad 4 AppleTablet Apple iPad Mini dan iPad 4
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan memperkenalkan iPad dan iPad Mini generasi terbaru dalam waktu dekat ini. Menurut seorang sumber kepada situs Bloomberg, keduanya dikatakan akan hadir di pasaran mulai 3 bulan terakhir tahun 2013.

iPad generasi terbaru nantinya akan tetap memiliki layar dengan bentang 9,7 inci. Namun, ia akan mengalami perubahan dari segi desain. Ini akan menjadi redesain iPad pertama sejak peluncuran iPad generasi terakhir pada Maret 2012.

Body dari iPad generasi terbaru ini akan semakin tipis, mendekati dimensi ketebalan dari iPad Mini. Sekadar informasi, iPad Mini memiliki dimensi ketebalan sebesar 7,2 mm.

Sementara itu, harapan para konsumen untuk melihat iPad Mini yang dipersenjatai layar Retina tampaknya akan segera terwujud. Menurut sumber tersebut, iPad Mini baru nantinya akan memiliki layar dengan resolusi dua kali lebih tinggi dari yang ada saat ini.

Rumor mengenai kemungkinan penggunaan layar Retina ini sebenarnya sudah banyak beredar sebelum ini. Banyak juga berita yang membantah kemungkinan tersebut. Namun, dalam beberapa waktu ini, beberapa media besar mulai "menyebarkan" kembali rumor tersebut, membuka kemungkinan kalau iPad Mini Retina Display benar-benar akan "lahir" dalam waktu dekat ini.

Selama beberapa tahun, iPad menjadi "raja" yang tak terkalahkan di kategori produk tablet. Namun kini, pionir perangkat tablet itu mulai dikalahkan para kompetitor yang mengadopsi sistem operasi Android.

Menurut laporan firma riset Canalys, angka pengiriman perangkat iPad dan iPad Mini mengalami penurunan sebesar 14 persen pada kuartal kedua 2013, dari 17 juta unit pada kuartal yang sama tahun lalu menjadi 14,6 juta unit.

Kemunduran iPad, menurut Canalys, antara lain disebabkan oleh hardware perangkat itu yang mulai tertinggal dan memudarnya antusiasme terhadap produk tersebut.

Jika rumor mengenai tanggal peluncuran ini benar, maka iPad Mini dan iPad generasi terbaru tampaknya akan hadir secara bersamaan atau setidaknya tidak lama setelah kehadiran 2 iPhone baru, iPhone 5S dan iPhone 5C.

Waktu tersebut akan berdekatan dengan saat liburan, momen di mana para konsumen menyerbu toko-toko untuk membeli gadget baru. Apakah dengan kehadiran 4 produk baru di saat tersebut, penjualan produk Apple, terutama untuk kategori tablet iPad, akan bergairah kembali?Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.