Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Baru Bakal Makin Tipis?

Kompas.com - 13/08/2013, 14:46 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan memperkenalkan iPad dan iPad Mini generasi terbaru dalam waktu dekat ini. Menurut seorang sumber kepada situs Bloomberg, keduanya dikatakan akan hadir di pasaran mulai 3 bulan terakhir tahun 2013.

iPad generasi terbaru nantinya akan tetap memiliki layar dengan bentang 9,7 inci. Namun, ia akan mengalami perubahan dari segi desain. Ini akan menjadi redesain iPad pertama sejak peluncuran iPad generasi terakhir pada Maret 2012.

Body dari iPad generasi terbaru ini akan semakin tipis, mendekati dimensi ketebalan dari iPad Mini. Sekadar informasi, iPad Mini memiliki dimensi ketebalan sebesar 7,2 mm.

Sementara itu, harapan para konsumen untuk melihat iPad Mini yang dipersenjatai layar Retina tampaknya akan segera terwujud. Menurut sumber tersebut, iPad Mini baru nantinya akan memiliki layar dengan resolusi dua kali lebih tinggi dari yang ada saat ini.

Rumor mengenai kemungkinan penggunaan layar Retina ini sebenarnya sudah banyak beredar sebelum ini. Banyak juga berita yang membantah kemungkinan tersebut. Namun, dalam beberapa waktu ini, beberapa media besar mulai "menyebarkan" kembali rumor tersebut, membuka kemungkinan kalau iPad Mini Retina Display benar-benar akan "lahir" dalam waktu dekat ini.

Selama beberapa tahun, iPad menjadi "raja" yang tak terkalahkan di kategori produk tablet. Namun kini, pionir perangkat tablet itu mulai dikalahkan para kompetitor yang mengadopsi sistem operasi Android.

Menurut laporan firma riset Canalys, angka pengiriman perangkat iPad dan iPad Mini mengalami penurunan sebesar 14 persen pada kuartal kedua 2013, dari 17 juta unit pada kuartal yang sama tahun lalu menjadi 14,6 juta unit.

Kemunduran iPad, menurut Canalys, antara lain disebabkan oleh hardware perangkat itu yang mulai tertinggal dan memudarnya antusiasme terhadap produk tersebut.

Jika rumor mengenai tanggal peluncuran ini benar, maka iPad Mini dan iPad generasi terbaru tampaknya akan hadir secara bersamaan atau setidaknya tidak lama setelah kehadiran 2 iPhone baru, iPhone 5S dan iPhone 5C.

Waktu tersebut akan berdekatan dengan saat liburan, momen di mana para konsumen menyerbu toko-toko untuk membeli gadget baru. Apakah dengan kehadiran 4 produk baru di saat tersebut, penjualan produk Apple, terutama untuk kategori tablet iPad, akan bergairah kembali?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com