Bos Oracle Sebut Google "Jahat"

Kompas.com - 14/08/2013, 11:31 WIB
CEO Oracle, Larry Ellison Robert Galbraith/ReutersCEO Oracle, Larry Ellison
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google memakai moto informal "don't be evil" atau "jangan berbuat jahat" untuk merepresentasikan layanan internetnya. Namun, oleh CEO Oracle Larry Ellison, Google dinilai telah melakukan tindakan "absolutely evil" atau "benar-benar jahat."

Pernyataan ini dilontarkan Ellison terkait sengketa paten antara kedua perusahaan. Oracle menggugat Google atas tuduhan pelanggaran hak paten perangkat lunak Java untuk menciptakan sistem operasi mobile Android.

"Kami hanya berpikir mereka mengambil barang-barang kami, dan itu salah. Saya pikir apa yang mereka lakukan benar-benar jahat," ujar Ellison dalam wawancara di program televisi CBS This Morning, Selasa (13/8/2013).

Dalam wawancara, Ellison secara jelas menyerang CEO Google Larry Page selaku pengambil keputusan. Pihak Google enggan mengomentari masalah ini.

Seperti diketahui, pada Januari 2010, Oracle mengakuisisi Sun Microsystems yang mengembangkan platform pemrograman Java. Dalam gugatan, Oracle berpendapat ada 37 paket application programming interface (API) Java yang dilanggar oleh Google. Oracle menilai Google seharusnya membayar lisensi sebelum meniru struktur kode API Java tersebut.

Pada Juni 2012 lalu, seorang hakim federal AS menyatakan Google tidak bersalah. Oracle melakukan upaya hukum dengan mengajukan banding.

Ellison, yang juga pendiri Oracle, terkenal sebagai sosok yang blak-blakan dalam menghadapi musuh bisnisnya. Ia pernah menyerang perusahaan kompetitor seperti IBM, Microsoft, dan SAP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.