Ponsel Pintar Berkuasa, Samsung dan Android Memimpin

Kompas.com - 15/08/2013, 15:32 WIB
Ponsel pintar Samsung Galaxy berbasis Android Dokumentasi Samsung IndonesiaPonsel pintar Samsung Galaxy berbasis Android
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Penjualan ponsel pintar berhasil melewati penjualan ponsel fitur, menurut laporan pasar ponsel kuartal kedua 2013 dari lembaga riset Gartner. Android semakin mendominasi pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar.

Pada kuartal kedua 2013, Gartner mencatat penjualan ponsel di seluruh dunia mencapai 435 juta unit, atau naik 3,6 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, penjualan ponsel pintar mencapai 225 juta unit atau naik 46,5 persen dari kuartal kedua tahun 2012. Sementara penjualan ponsel fitur menjadi 210 juta unit atau turun 21 persen dari tahun ke tahun.

"Ponsel pintar menyumbang 51,8 persen dari seluruh penjualan ponsel di kuartal kedua tahun 2013 sehingga penjualan ponsel pintar untuk pertama kalinya telah melampaui ponsel fitur," kata analis Anshul Gupta dari Gartner dalam siaran pers, Rabu (14/8/2013).

Penjualan ponsel pintar di berbagai belahan dunia terus mengalami pertumbuhan. Namun, Gartner mencatat, kawasan Asia Pasifik, Amerika Latin, dan Eropa Timur, menunjukkan tingkat pertumbuhan ponsel pintar tertinggi, masing-masing mencapai 74,1 persen, 55,7 persen, dan 31,6 persen.

Samsung dan Apple masih memimpin penjualan ponsel pintar

Gartner mencatat Samsung masih menjadi produsen ponsel pintar terbesar di dunia. Pangsa pasar perusahaan asal Korea Selatan ini mencapai 31,7 persen, naik dari 29,7 persen pada kuartal kedua 2012.

Produsen ponsel pintar terbesar kedua juga masih ditempati Apple. Namun, pangsa pasar iPhone yang memakai sistem operasi iOS harus mengalami penurunan menjadi 14,2 persen, dari 18,8 persen pada kuartal kedua tahun 2012. Analis Gartner berpendapat, Apple perlu membuat ponsel dengan harga terjangkau untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

Setelah Samsung dan Apple, produsen lain yang menempati posisi tiga, empat, dan lima adalah LG (dengan pangsa pasar 5,1 persen), Lenovo (4,7 persen), dan ZTE (4,3 persen).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Android dominan, Windows Phone kalahkan BlackBerry

Pada kuartal kedua tahun 2013 ini, sistem operasi Android buatan Google masih menguasai pangsa pasar dengan raihan 79 persen, naik dari 64,2 persen pada kuartal kedua tahun 2012.

Sementara itu, Gartner mencatat untuk pertama kalinya sistem operasi Microsoft Windows Phone berhasil mengalahkan BlackBerry. Windows Phone kini berada di peringkat ketiga untuk sistem operasi ponsel pintar secara global dengan pangsa pasar 3,3 persen pada kuartal kedua 2013.

"Meskipun Microsoft berhasil meningkatkan pangsa pasar dan volume pada kuartal ini, Microsoft harus terus fokus pada pengembangan aplikasi sebagai daya tarik untuk pengguna," ujar Gupta.

Sistem operasi Bada dan Symbian berada di peringkat lima dan enam. Keduanya terus mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar Bada pada kuartal kedua tahun 2013 hanya 0,4 persen dan Symbian 0,3 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X