Xbox One Bisa Adem Otomatis

Kompas.com - 15/08/2013, 16:56 WIB
Konsol game Xbox One MicrosoftKonsol game Xbox One
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Semakin tinggi kinerja sebuah perangkat komputer, biasanya semakin besar pula panas yang dihasilkan. Begitupun dengan konsol game terbaru Xbox One dari Microsoft yang disebut hingga berkali-kali lipat lebih kencang dari pendahulunya.

Apalagi, bentuk Xbox One yang mirip player DVD dengan sisi-sisi yang rata berpotensi "mengundang" penggunanya meletakkan berbagai macam benda di atasnya sehingga menghalangi pelepasan panas.

Ketika ditanyakan soal ini oleh Gizmodo, kepala pengembangan produk Xbox Microsoft Leo Del Castillo mengatakan pihaknya tak bisa mecegah "penyalahgunaan" Xbox One sebagai semacam meja kecil untuk menaruh barang.

"Tapi kami bisa mengantisipasi hal ini," ujar Castillo. Caranya adalah dengan membekali konsol tersebut dengan kemampuan menurunkan suhunya sendiri apabila dirasa terlalu panas. "Kami akan menaikkan kecepatan putar kipas pendingin secara otomatis tanpa perlu campur tangan pengguna."

Tapi tak hanya itu, Xbox One pun mampu mengatur penggunaan dayanya sendiri. Begitu mendeteksi panas berlebih, Xbox One akan memangkas daya listrik untuk mencegah overheating, tapi hal itu kemungkinan akan turut mengurangi performa.

Cara manajemen panas semacam ini sebenarnya sudah lama dikenal di dunia komponen PC melalui istilah throttling, tapi baru belakangan diterapkan ke konsol game.

"Arsitektur Xbox One memungkinkan kami memotong penggunaan daya dengan signifikan, tak seperti Xbox 360," lajut Castillo. "Penggunaan daya Xbox One bisa sedemikian rendahnya hingga sama sekali tak membutuhkan aliran udara."

Castillo tidak menjelaskan apabila mekanisme pengaturan panas ini bisa mengganggu pengguna ketika diaktifkan, misalnya dengan mengakibatkan game berjalan terpatah-patah karena penurunan performa. "Saya belum tahu efek persisnya seperti apa, tapi kami akan mencoba setransparan mungkin pada pengguna."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gizmodo

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X