Facebook Segera Uji Fasilitas Baru untuk Pembayaran Online

Kompas.com - 16/08/2013, 03:36 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
NEW YORK, KOMPAS.com - Facebook berencana menguji fasilitas layanan pembayaran mobile. Layanan ini memungkinkan pengguna Facebook membeli aplikasi mobile memakai sistem informasi pembayaran yang akan ditambahkan sebagai fasilitas di dalam akun media sosial ini.

Dalam pernyataannya, Facebook mengatakan telah bekerja pada sebuah uji coba kecil. Namun sejauh ini perusahaan ini tak mematok target kapan layanan pembayaran tersebut akan tersedia.

Menurut Facebook, layanan yang mereka buat akan menggunakan informasi pembayaran yang disimpan pembeli di Facebook ke formulir pemeriksaan otomatis di aplikasi mobile tertentu. Berikutnya, layanan akan memproses pembelian tersebut.

Namun, Facebook juga menyatakan layanan yang mereka siapkan tak akan mengganggu proses pembayaran elektronik dari aplikasi pembayaran yang selama ini telah ada. Apalagi, ujar mereka, Facebook punya hubungan sangat baik dengan PayPal, salah satu penyedia layanan pembayaran online yang sudah berjalan.

Dikutip dari CNet, Facebook diperkirakan hanya akan mengumpulkan lebih banyak data terbaik kepada para pemasang iklan, bukan membuat layanan pembayaran semacam PayPal. Fitur percontohan layanan ini memberikan satu klik opsi kepada penggunanya untuk memasukkan data kartu kredit dan informasi tagihan ketika membeli sesuatu melalui gadget.

Menurut TechCrunch, transaksi pembelian pada akhirnya tetap akan diproses oleh penyedia fasilitas pembayaran yang digunakan aplikasi itu. Artinya, sistem Facebook akan berkolaborasi dengan pemroses pembayaran semacam PayPal, Strike, dan Braintree. TechCrunch berpendapat konsep ini lebih masuk akal bagi Facebook daripada sekadar menjadi "PayPal berikutnya".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET,AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.