Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Segera Uji Fasilitas Baru untuk Pembayaran Online

Kompas.com - 16/08/2013, 03:36 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNET,AP
NEW YORK, KOMPAS.com - Facebook berencana menguji fasilitas layanan pembayaran mobile. Layanan ini memungkinkan pengguna Facebook membeli aplikasi mobile memakai sistem informasi pembayaran yang akan ditambahkan sebagai fasilitas di dalam akun media sosial ini.

Dalam pernyataannya, Facebook mengatakan telah bekerja pada sebuah uji coba kecil. Namun sejauh ini perusahaan ini tak mematok target kapan layanan pembayaran tersebut akan tersedia.

Menurut Facebook, layanan yang mereka buat akan menggunakan informasi pembayaran yang disimpan pembeli di Facebook ke formulir pemeriksaan otomatis di aplikasi mobile tertentu. Berikutnya, layanan akan memproses pembelian tersebut.

Namun, Facebook juga menyatakan layanan yang mereka siapkan tak akan mengganggu proses pembayaran elektronik dari aplikasi pembayaran yang selama ini telah ada. Apalagi, ujar mereka, Facebook punya hubungan sangat baik dengan PayPal, salah satu penyedia layanan pembayaran online yang sudah berjalan.

Dikutip dari CNet, Facebook diperkirakan hanya akan mengumpulkan lebih banyak data terbaik kepada para pemasang iklan, bukan membuat layanan pembayaran semacam PayPal. Fitur percontohan layanan ini memberikan satu klik opsi kepada penggunanya untuk memasukkan data kartu kredit dan informasi tagihan ketika membeli sesuatu melalui gadget.

Menurut TechCrunch, transaksi pembelian pada akhirnya tetap akan diproses oleh penyedia fasilitas pembayaran yang digunakan aplikasi itu. Artinya, sistem Facebook akan berkolaborasi dengan pemroses pembayaran semacam PayPal, Strike, dan Braintree. TechCrunch berpendapat konsep ini lebih masuk akal bagi Facebook daripada sekadar menjadi "PayPal berikutnya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com