Kompas.com - 17/08/2013, 17:07 WIB
|
EditorAditya Panji
JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu sisi dari peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selain upacara bendera adalah digelarnya berbagai lomba-lomba mulai dari makan kerupuk, membawa kelereng dengan sendok di mulut, panjat pinang, hingga balap karung. Semua digelar sebagai bentuk syukur dan kegembiraan atas kemerdekaan yang sudah diraih pada 1945.
 
Namun, apa yang bisa dilakukan bila tidak ada lomba digelar di sekitar anda? Barangkali balap karung virtual menjadi salah satu solusinya. Meski tidak bisa berpeluh di lapangan, kita masih bisa merasakan serunya balap karung di layar smartphone.
 
Inilah gim "Lompat Karung" yang diluncurkan pengembang asal Indonesia, Amagine Interactive, di Google Play Store pada 16 Agustus 2013. Dengan ukuran file sebesar 9,3 megabyte, gim ini bisa didapatkan secara gratis untuk pengguna perangkat Android.

Cara memainkannya terbilang sederhana. Sapuan jari ke layar dari bagian bawah ke atas membuat karakter melompat. Dengan demikian, sapuan jari tersebut harus diulang-ulang hingga karakter tiba di garis akhir. Semakin cepat mengulang gerakan jari, semakin bagus catatan waktu kita.
 
Yang membuatnya menarik, kita akan menjumpai lawan tanding pada usaha kedua. Ternyata, dia adalah rekaman dari permainan kita dari babak sebelumnya. Dengan demikian, kita akan selalu tertantang mendapatkan catatan waktu terbaik.
 
Dari segi visual, gim "Lompat Karung" cukup nyaman dilihat dengan dominasi warna hijau serta bendera merah putih yang cukup membangun suasana kegembiraan peringatan kemerdekaan. Satu yang disayangkan, gim ini mungkin terasa asing bagi pengguna dari luar negeri yang belum pernah tahu soal balap karung karena minimnya informasi yang diberikan dalam gim.
 
Namun, bagi anda yang merindukan kegembiraan lomba 17-an, tidak ada salahnya mencoba gim ini dan adu catatan waktu dengan teman-teman lainnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.