Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tentara Elektronik" Usili 3 Portal Berita Beken

Kompas.com - 19/08/2013, 14:47 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Kelompok peretas mengusili tiga portal berita asal Amerika Serikat, yakni CNN, Time, dan The Washington Post, Kamis (15/8/2013). Kelompok peretas itu membobol layanan Outbrain yang memberi rekomendasi artikel untuk meningkatkan trafik di portal berita tersebut.

Wakil Presiden Outbrain, Lisa Lacour mengatakan, beberapa tautan berita dari Outbrain di portal WashingtonPost.com dan Time.com diarahkan ke situs web Syrian Electronic Army.

Sementara situs CNN International sempat muncul dengan keterangan "Hacked by SEA."

Dalam kicauan di Twitter, Syrian Electronic Army mengatakan telah menyerang tiga portal berita itu "dalam satu serangan" karena mereka membobol layanan Outbrain.

Beberapa saat kemudian, pihak Outbrain berhasil menyelesaikan masalah untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Meski demikian, situs CNN, Time dan The Washinton Post, tidak terkena dampak kerusakan dari serangan tersebut.

Syrian Electronic Army merupakan kelompok peretas yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kelompok ini diduga sudah beberapa kali melakukan serangan ke situs web terkemuka, termasuk Associated Press, Twitter. The Financial Times, CBS News, Columbia University, dan Human Rights Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com