Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Smartphone Google Nexus 5?

Kompas.com - 20/08/2013, 14:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Seperti apakah Nexus 5, smartphone Android penerus Nexus 4 dari Google yang populer? Rasa penasaran tersebut lambat laun mulai terjawab seiring dengan semakin banyaknya bocoran informasi tentang ponsel pintar tersebut yang beredar di Internet.

Kali ini, foto bagian belakang sebuah smartphone yang diklaim tak lain dan tak bukan merupakan Google Nexus 5  muncul dan menyebar luas lewat situs Belanda TechTastic.

Seperti dilansir oleh PhoneArena, foto perangkat berwarna putih yang kabarnya dijepret oleh penguji dari LG itu sesuai dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Nexus 5 bakal dibuat sebagai "kembaran" smartphone G2 dari LG.

techtastic.nl
Bocoran foto bagian belakang Google Nexus 5

Hal tersebut antara lain diperlihatkan oleh layout tombol belakang milik G2 yang dalam gambar tampak dipindahkan ke sisi kiri dari Nexus 5, seperti pada smartphone Android lain pada umumnya.

Ada juga sebuah tombol kecil di atas pengatur volume yang kemungkinan berfungsi sebagai tombol power/ lock. Atau, bisa jadi pula ia sebenarnya adalah switch "mute" sebagaimana yang dimiliki oleh iPhone.

Soal spesifikasi, andalan baru Google ini kabarnya akan memiliki spesifikasi lebih rendah dari LG G2. Perbedaan komponen hardware antara dua smartphone tersebut disinyalir meliputi spesifikasi prosesor yang diturunkan dari Snapdragon 800 pada LG G2 menjadi Snapdragon 600, dan kamera 13 megapixel yang dipangkas menjadi 10 megapixel.

Perubahan spesifikasi tersebut perlu diterapkan agar Nexus 5 bisa mengusung harga jual yang bersahabat, seperti yang ditawarkan oleh pendahulunya, Nexus 4, yang dirilis tahun lalu.

Menariknya lagi, Nexus 5 disebut-sebut bakal turut memperkenalkan sistem operasi Android terbaru, yaitu versi 5.0 atau Key Lime Pie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com