20 Persen Pengguna Android "Membelot" ke iPhone

Kompas.com - 20/08/2013, 15:28 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak pengguna ponsel pintar di AS yang beralih dari perangkat berbasiskan Android ke ponsel pintar buatan Apple, iPhone. Sementara itu, hanya sedikit pengguna iPhone yang mau berpaling ke produk perusahaan pesaing Apple, Samsung.

Menurut hasil survei dari perusahaan Consumer Intelligence Research Partners, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (20/8/2013), pengguna Android (tidak spesifik produk buatan Samsung) yang memutuskan berpaling ke iPhone mencapai 20 persen.

Adapun pengguna iPhone yang akhirnya tertarik untuk menggunakan ponsel pintar buatan Samsung hanya 7 persen dari sekitar 500 responden.

Pengguna iPhone tampak lebih "setia" dibandingkan dengan pengguna Samsung. Dari survei yang dilakukan pada Juli 2012 hingga Juni 2013, diketahui sekitar 42 pengguna iPhone di AS memilih untuk meng-upgrade ke iPhone generasi yang lebih baru, dibandingkan beralih platform.

Nilai pengguna Android yang memilih untuk beralih dan tetap menggunakan Samsung mencapai 43 persen. Namun, tidak semua pengguna dari persentase tersebut yang menggunakan produk Samsung dari awal.

Dari survei ini, diketahui juga bahwa produk Samsung merupakan pilihan pertama bagi para pengguna feature phone yang ingin beralih ke ponsel pintar. Sebanyak 37 persen pengguna feature phone menggunakan produk Samsung sebagai ponsel pintar pertamanya, sementara Apple kalah cukup jauh, yaitu hanya 26 persen saja.

Samsung banyak menarik pengguna dari HTC, Motorola, dan Nokia, sedangkan Apple banyak "merebut" pengguna BlackBerry.

Consumer Intelligence Research Partners melakukan survei secara tahunan. Penelitian kali ini dilakukan dari Juli 2012 hingga Juni 2013. Mereka melakukan survei terhadap 500 orang yang baru membeli ponsel dalam kurun waktu 90 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.