Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Persen Pengguna Android "Membelot" ke iPhone

Kompas.com - 20/08/2013, 15:28 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com — Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak pengguna ponsel pintar di AS yang beralih dari perangkat berbasiskan Android ke ponsel pintar buatan Apple, iPhone. Sementara itu, hanya sedikit pengguna iPhone yang mau berpaling ke produk perusahaan pesaing Apple, Samsung.

Menurut hasil survei dari perusahaan Consumer Intelligence Research Partners, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (20/8/2013), pengguna Android (tidak spesifik produk buatan Samsung) yang memutuskan berpaling ke iPhone mencapai 20 persen.

Adapun pengguna iPhone yang akhirnya tertarik untuk menggunakan ponsel pintar buatan Samsung hanya 7 persen dari sekitar 500 responden.

Pengguna iPhone tampak lebih "setia" dibandingkan dengan pengguna Samsung. Dari survei yang dilakukan pada Juli 2012 hingga Juni 2013, diketahui sekitar 42 pengguna iPhone di AS memilih untuk meng-upgrade ke iPhone generasi yang lebih baru, dibandingkan beralih platform.

Nilai pengguna Android yang memilih untuk beralih dan tetap menggunakan Samsung mencapai 43 persen. Namun, tidak semua pengguna dari persentase tersebut yang menggunakan produk Samsung dari awal.

Dari survei ini, diketahui juga bahwa produk Samsung merupakan pilihan pertama bagi para pengguna feature phone yang ingin beralih ke ponsel pintar. Sebanyak 37 persen pengguna feature phone menggunakan produk Samsung sebagai ponsel pintar pertamanya, sementara Apple kalah cukup jauh, yaitu hanya 26 persen saja.

Samsung banyak menarik pengguna dari HTC, Motorola, dan Nokia, sedangkan Apple banyak "merebut" pengguna BlackBerry.

Consumer Intelligence Research Partners melakukan survei secara tahunan. Penelitian kali ini dilakukan dari Juli 2012 hingga Juni 2013. Mereka melakukan survei terhadap 500 orang yang baru membeli ponsel dalam kurun waktu 90 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com