Kompas.com - 20/08/2013, 18:59 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Minggu lalu, pemerintah Brazil melakukan audit ke pabrik Samsung di Zona Perdagangan Bebas Manaus. Fasilitas produksi yang terdapat di sini merupakan salah satu yang terbesar di dunia milik perusahaan asal Korea Selatan itu. Jumlah pekerjanya mencapai 5.600 orang.

Seperti dikutip dari BBC, sejumlah fakta kurang mengenakkan kemudian terungkap dari hasil audit, seperti para pekerja yang diberi waktu sangat singkat untuk merakit sebuah ponsel: tak lebih dari 32 detik atau hanya sekitar setengah menit. Seorang pekerja di pabrik bisa merakit hingga 3.000 ponsel tiap harinya.

Waktu yang diberikan untuk merakit pesawat televisi sedikit lebih lama tetapi masih relatif singkat, yaitu 65 detik.

Persoalan waktu kerja juga menjadi masalah, karena para pekerja pabrik bisa menghabiskan waktu 10 jam dalam posisi berdiri sehingga kerap menderita sakit punggung. Setiap shift, menurut keterangan yang dihimpun dari pekerja, bisa berlangsung hingga 15 jam per hari.

Kondisi lingkungan kerja yang tidak layak tersebut membuat pemerintah Brazil melayangkan tuntutan hukum atas Samsung, dengan permintaan ganti rugi sebesar 100 juta dollar AS karena perusahaan itu melanggar hukum tenaga kerja di negara yang bersangkutan.

Pihak Samsung telah memberikan respon dan mengatakan bakal mengambil tindakan begitu mendapat "pemberitahuan resmi".

"Kami berkomitmen memberikan lingkungan kerja yang berstandar tinggi dalam hal keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan kepada para rekanan kami di seluruh dunia," ujar seorang juru bicara Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.