Kompas.com - 22/08/2013, 07:55 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Gambar rekaan Samsung Galaxy Gear

KOMPAS.com - September mendatang, Samsung dikabarkan akan memperkenalkan Galaxy Gear dalam pameran produk elektronik IFA 2013 di Berlin, Jerman. Sejauh ini belum banyak yang diketahui seputar perangkat jam tangan pintar tersebut, spesifikasinya pun tak jelas benar.

Nah, Om Malik dari GigaOm baru-baru ini mempublikasikan prediksi soal komponen hardware yang bakal diusung oleh Galaxy Gear. Seperti dikutip oleh Pocket Lint, disebutkan bahwa layar jam tangan pintar itu memiliki bentang diagonal 2,5 inci dengan resolusi 320x320.

Layar tersebut terpasang di strap yang dilengkapi dengan kamera dan speaker terintegrasi. Kemungkinan kamera ini akan mengirimkan foto yang diambil secara wireless (melalui Bluetooth 4.0) ke smartphone Galaxy yang dijadikan pendamping Galaxy Gear.

Dapur pacu Galaxy Gear dikatakan bakal diperkuat prosesor dual-core Samsung Exynos berkecepatan 1,5 GHz, dengan GPU Mali-400 MP4.

Malik juga mengatakan bahwa Galaxy Gear akan dibekali berbagai macam sensor untuk menunjang fungsinya sebagai jam tangan pintar, seperti accelerometer yang akan "membangunkan" Galaxy Gear saat pengguna mendekatkannya ke wajah, NFC, serta sensor untuk keperluan olahraga.

Soal software, Galaxy Gear disinyalir bakal memakai Android Jelly Bean versi 4.1 atau 4.2, lengkap dengan integrasi Twitter dan Facebook.

Menariknya, Samsung disebutkan berencana menyalurkan aplikasi-aplikasi yang dirancang khusus untuk Galaxy Gear lewat toko aplikasinya sendiri, bukan Google Play yang umumnya digunakan perangkat Android.

Nama "Galaxy Gear" sendiri belum pasti digunakan sebagai panggilan resmi perangkat yang kehadirannya pertama kali dikonfirimasi oleh pihak Samsung pada Maret lalu ini.

"Kami telah lama mempersiapkan produk jam tangan," ujar wakil presiden eksekutif bisnis mobile Samsung Lee Young Hee. "Kami bekerja keras untuk mewujudkannya, kami menyiapkan produk-produk masa depan dan jam tangan ini pastilah salah satu di antaranya."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.