Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi "Jam Tangan Pintar" Samsung

Kompas.com - 22/08/2013, 07:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Gambar rekaan Samsung Galaxy Gear

KOMPAS.com - September mendatang, Samsung dikabarkan akan memperkenalkan Galaxy Gear dalam pameran produk elektronik IFA 2013 di Berlin, Jerman. Sejauh ini belum banyak yang diketahui seputar perangkat jam tangan pintar tersebut, spesifikasinya pun tak jelas benar.

Nah, Om Malik dari GigaOm baru-baru ini mempublikasikan prediksi soal komponen hardware yang bakal diusung oleh Galaxy Gear. Seperti dikutip oleh Pocket Lint, disebutkan bahwa layar jam tangan pintar itu memiliki bentang diagonal 2,5 inci dengan resolusi 320x320.

Layar tersebut terpasang di strap yang dilengkapi dengan kamera dan speaker terintegrasi. Kemungkinan kamera ini akan mengirimkan foto yang diambil secara wireless (melalui Bluetooth 4.0) ke smartphone Galaxy yang dijadikan pendamping Galaxy Gear.

Dapur pacu Galaxy Gear dikatakan bakal diperkuat prosesor dual-core Samsung Exynos berkecepatan 1,5 GHz, dengan GPU Mali-400 MP4.

Malik juga mengatakan bahwa Galaxy Gear akan dibekali berbagai macam sensor untuk menunjang fungsinya sebagai jam tangan pintar, seperti accelerometer yang akan "membangunkan" Galaxy Gear saat pengguna mendekatkannya ke wajah, NFC, serta sensor untuk keperluan olahraga.

Soal software, Galaxy Gear disinyalir bakal memakai Android Jelly Bean versi 4.1 atau 4.2, lengkap dengan integrasi Twitter dan Facebook.

Menariknya, Samsung disebutkan berencana menyalurkan aplikasi-aplikasi yang dirancang khusus untuk Galaxy Gear lewat toko aplikasinya sendiri, bukan Google Play yang umumnya digunakan perangkat Android.

Nama "Galaxy Gear" sendiri belum pasti digunakan sebagai panggilan resmi perangkat yang kehadirannya pertama kali dikonfirimasi oleh pihak Samsung pada Maret lalu ini.

"Kami telah lama mempersiapkan produk jam tangan," ujar wakil presiden eksekutif bisnis mobile Samsung Lee Young Hee. "Kami bekerja keras untuk mewujudkannya, kami menyiapkan produk-produk masa depan dan jam tangan ini pastilah salah satu di antaranya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com