Kompas.com - 22/08/2013, 20:32 WIB
Pesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia Oik Yusuf/KompasTeknoPesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Intel makin gencar mendesain prosesor berarsitektur x86 di perangkat mobile, untuk mengejar ketertinggalannya dari produsen prosesor berarsitektur ARM yang selama ini populer dipakai oleh perangkat tablet dan ponsel pintar.

Perusahaan asal Santa Clara, California, itu bakal merilis prosesor tablet terbaru dalam konferensi pengembang aplikasi Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Fransisco, September mendatang.

Seorang sumber mengatakan kepada situs teknologi Digitimes asal Taiwan, bahwa prosesor tersebut adalah seri Bay Trail-T yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont. Semua prosesor itu mendukung perangkat tablet dengan sistem operasi Windows 8.1 dan Android 4.2.

Bay Trail-T merupakan prosesor quad-core yang hadir dalam empat model, yakni Z3770, Z3770D, Z3740 dan Z3740D. Tipe prosesor dengan kode "D" di belakang akan mendukung resolusi layar 1920 x 1200 pixel. Sedangkan yang tidak memiliki kode "D" mendukung resolusi layar hingga 2560 x 1600 pixel.

Digitimes mencatat, Bay Trail-T akan hadir dengan dua clock speed, yakni 1,8GHz dan 2,4GHz. Sementara unit processor grafisnya (GPU) menggunakan Intel Gen 7 yang memakai arsitektur GPU Ivy Bridge.

Meski memiliki kecepatan tinggi, namun prosesor Bay Trail-T dapat membuat perangkat tablet bertahan hingga 8 jam dalam pemakaian normal.

Di prosesor yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont, Intel tidak membuat komponen baseband sendiri pada prosesornya. Intel memilih untuk mengadopsi baseband Huawei ME906v untuk koneksi LTE, dan Huawei MU736 untuk koneksi 3G.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Digitimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.