Kompas.com - 23/08/2013, 11:03 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Seorang dokter asal Jerman, Professor Karl Oldhafer, berhasil membuktikan bahwa iPad tidak hanya dapat difungsikan untuk kegiatan berselancar di dunia maya dan hiburan saja. Oldhafer menunjukkan, tablet buatan Apple ini ternyata dapat juga digunakan untuk kepentingan dunia medis.

Dokter tersebut diketahui baru saja menyelesaikan operasi tumor organ hati di rumah sakit Asklepios Hamburg-Barmbek, Jerman. Untuk membuat rencana pembedahan, ia memanfaatkan iPad untuk membuat gambar 3D organ sang pasien.

Gambar 3D tersebut dihasilkan oleh sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Fraunhover MEVIS. Cara menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah. Dokter hanya perlu mengambil foto bagian organ yang akan dibedahnya. Kemudian, aplikasi ini akan menyusun gambar 3D dengan teknologi augmented reality.

Gambar 3D yang dihasilkan pun sangat detail. Bagian-bagian seperti pembuluh darah dan tempat di mana tumor tumbuh dapat terlihat dengan jelas.

Yahoo News
Gambar 3D yang dihasilkan aplikasi menggunakan teknologi augmented reality
Dengan memiliki gambar yang jelas dan mendetail, seorang dokter dapat merencanakan proses operasi. Tentunya, dengan kemudahan ini, seorang dokter dapat mengurangi potensi komplikasi yang mungkin terjadi dan dapat membuat jalannya operasi menjadi lebih efisien.

Pihak pengembang aplikasi ini, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (22/8/2013), menyatakan bahwa aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk organ hati saja. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengetahui lokasi tumor yang ada di pankreas dan organ lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.