Kompas.com - 23/08/2013, 14:31 WIB
Layar smartphone GizmodoLayar smartphone "Quad-HD" dari LG
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Berapakah resolusi layar tertinggi sebuah smartphone? Sejumlah model kelas atas yang beredar saat ini, seperti Samsung Galaxy S4 dan HTC One, mengusung display dengan resolusi "full-HD" atau 1920x1080 dengan tingkat kepadatan pixel mencapai 469 ppi.

Dengan resolusi setinggi itu, gambar-gambar yang ditampilkan di layar terlihat sangat halus dan bebas gerigi, termasuk jika dilihat dalam jarak sangat dekat sekalipun.

Nah, seperti dikutip dari Time, LG baru saja mengumumkan layar smartphone dengan resolusi yang bahkan lebih tinggi dari "Full HD", yang disebutnya sebagai "Quad-HD".

Angkanya? 2560x1440, atau setara 538 ppi. Kepadatan pixel tersebut merupakan yang tertinggi saat ini di antara layar gadget mobile.

Resolusi setinggi itu biasanya hanya ditemukan di TV atau monitor dengan bentang layar 27 inci ke atas.

Sebagai perbandingan, layar "Retina Display" milik iPhone 4 yang diluncurkan beberapa tahun lalu memiliki tingkat kepadatan pixel 330 ppi. Istilah Retina Display diperkenalkan Apple untuk mengacu pada layar yang tiap pixelnya tak bisa dilihat oleh mata telanjang dari jarak normal.

Layar "Quad HD" dari LG ini memiliki tingkat kepadatan pixel 65 persen lebih besar dibanding iPhone 4. Adapun Galaxy S4 dan HTC One masing-masing mengusung angka 441 ppi dan 468 ppi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi apakah resolusi setinggi itu benar-benar perlu? Penglihatan manusia sudah tak bisa melihat pixel individu pada tingkat kepadatan pixel 300 ppi di jarak 12 inci (30,5 cm). Walau begitu, untuk jarak yang lebih dekat, diperlukan tingkat kepadatan pixel yang lebih tinggi lagi.

Selain resolusi tertinggi, layar Quad HD milik LG juga diklaim merupakan yang tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 1,21 mm dan bezel 1,2 mm.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X