Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelamaan, Lenovo Tanam Sendiri Start Menu Windows 8

Kompas.com - 26/08/2013, 11:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Windows 8 mengusung sejumlah perubahan besar dalam hal antarmuka sistem operasi. Salah satunya adalah dihilangkannya tombol "Start" yang telah ada sejak  Windows 95.

Microsoft memang akan memunculkan kembali tombol Start dalam Windows 8.1 yang akan dirilis pada 17 Oktober mendatang.

Akan tetapi, produsen PC terbesar di dunia, Lenovo, rupanya sudah bosan menunggu dan memutuskan untuk lebih dulu "mengembalikan" fitur itu dalam bentuk aplikasi pihak ketiga Pokki dari SweetLabs.

Sebagaimana dilaporkan oleh Tech Radar, aplikasi yang akan segera dibundel dengan PC Windows 8 dari Lenovo ini  menambahkan Start Menu serupa milik Windows 7 ke bawah.

Tapi bukan hanya itu, selain Start menu ala Pokki, SweetLabs juga akan turut memasukkan toko aplikasi dan game arcade miliknya bersama PC Lenovo.

Toko aplikasi ini berisi judul-judul program desktop seperti Dropbox, Evernote, dan Skype, serta beberapa aplikasi yang diambil dari Windows Store. Dengan kata lain, program tersebut juga menyaingi toko aplikasi milik Microsoft.

Start Menu Pokki sendiri menawarkan akses ke control panel Windows, opsi power, serta program dan file. Tapi program pihak ketiga ini juga akan membujuk pengguna untuk memasang aplikasi baru melalui serangkaian rekomendasi.

Pengguna Windows 8 di PC merk lainnya juga bisa mencicipi Start menu ala Pokki lewat situs produsen yang bersangkutan. Sejauh ini, SweetLabs mengatakan bahwa aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari 3 juta pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com