Kelamaan, Lenovo Tanam Sendiri Start Menu Windows 8

Kompas.com - 26/08/2013, 11:05 WIB
Tampilan aplikasi Start menu Pokki dari SweetLabs TechRadar.comTampilan aplikasi Start menu Pokki dari SweetLabs
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Windows 8 mengusung sejumlah perubahan besar dalam hal antarmuka sistem operasi. Salah satunya adalah dihilangkannya tombol "Start" yang telah ada sejak  Windows 95.

Microsoft memang akan memunculkan kembali tombol Start dalam Windows 8.1 yang akan dirilis pada 17 Oktober mendatang.

Akan tetapi, produsen PC terbesar di dunia, Lenovo, rupanya sudah bosan menunggu dan memutuskan untuk lebih dulu "mengembalikan" fitur itu dalam bentuk aplikasi pihak ketiga Pokki dari SweetLabs.

Sebagaimana dilaporkan oleh Tech Radar, aplikasi yang akan segera dibundel dengan PC Windows 8 dari Lenovo ini  menambahkan Start Menu serupa milik Windows 7 ke bawah.

Tapi bukan hanya itu, selain Start menu ala Pokki, SweetLabs juga akan turut memasukkan toko aplikasi dan game arcade miliknya bersama PC Lenovo.

Toko aplikasi ini berisi judul-judul program desktop seperti Dropbox, Evernote, dan Skype, serta beberapa aplikasi yang diambil dari Windows Store. Dengan kata lain, program tersebut juga menyaingi toko aplikasi milik Microsoft.

Start Menu Pokki sendiri menawarkan akses ke control panel Windows, opsi power, serta program dan file. Tapi program pihak ketiga ini juga akan membujuk pengguna untuk memasang aplikasi baru melalui serangkaian rekomendasi.

Pengguna Windows 8 di PC merk lainnya juga bisa mencicipi Start menu ala Pokki lewat situs produsen yang bersangkutan. Sejauh ini, SweetLabs mengatakan bahwa aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari 3 juta pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.