Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

91 Calon Pilot Indonesia Tertipu di Filipina

Kompas.com - 26/08/2013, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Sebanyak 91 calon pilot asal Indonesia menjadi korban penipuan sekolah pilot Filipina. Sekolah pilot bernama Aviatour Flight School ternyata menjadi tempat praktik penipuan bagi yang ingin menyekolahkan anaknya menjadi pilot.

Capt OS Samson yang mewakili orangtua korban mengatakan, aktivitas anak-anak mereka yang menjadi taruna sekolah tersebut di Filipina tidak jelas. Sementara uang pembayaran sekolah telah dibayarkan.

Samson mengaku telah menjadi korban praktik sekolah pilot abal-abal. Saat ini mereka juga mengurus pengembalian uang (refund) tersebut dengan menyewa seorang pengacara di negeri tersebut. "Jika upaya damai tak juga berhasil, akan ditempuh upaya hukum melalui jalur hukum," ujar Samson dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Samson menceritakan, mereka akhirnya mengetahui anak-anak mereka menjadi korban penipuan setelah mendapatkan laporan anak-anak mereka tidak melakukan kegiatan selayaknya sekolah pilot. Kemudian beberapa orangtua juga melakukan pengecekan ke lokasi dan melakukan audiensi ke sejumlah pihak di Filipina.

"Ternyata berdasarkan laporan, sekolah tersebut juga tidak jelas dan kami merasa dirugikan baik secara materi, citra, dan masa depan anak-anak kami," ujarnya. (Hendra Gunawan )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com