Soal Aplikasi Berbayar, Android Jomplang iOS Berimbang

Kompas.com - 27/08/2013, 16:06 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Aplikasi berbayar ternyata belum tentu lebih menghasilkan dari aplikasi gratis. Malahan, hal sebaliknya bisa berlaku hampir mutlak, seperti yang dijelaskan oleh data dari lembaga riset App Anie yang satu ini.

Dikutip dari Mashable, App Anie mengungkapkan bahwa 96 persen dari 100 besar aplikasi paling menghasilkan (top-grossing) di toko aplikasi Android Google Play ternyata merupakan judul-judul tak berbayar. Hanya 4 persen di antaranya yang memasang banderol harga.

Keadaan di toko aplikasi iOS App Store lebih berimbang. Dari 100 judul paling menghasilkan, yang bisa diunduh dengan gratis berjumlah 77 persen untuk platform iPhone dan 69 persen untuk platform iPad.

Aplikasi-aplikasi gratis ini memang tak langsung memberi pendapatan bagi pembuatnya ketika diunduh pengguna. Tapi, pendapatan tersebut dihasilkan beberapa metode monetisasi lain seperti lewat penjualan item di dalam aplikasi (in-app purchase) dan pemasangan iklan.

Pertanyaannya kemudian, apakah label harga itu ternyata menakuti konsumen sehingga urung mengunduh aplikasi yang bersangkutan?

Mashable Grafik perbandingan persentase aplikasi paling menghasilkan yang gratis dan berbayar di toko aplikasi Google Play dan App Store

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Mashable
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X