Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Aplikasi Berbayar, Android Jomplang iOS Berimbang

Kompas.com - 27/08/2013, 16:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable
Ilustrasi

KOMPAS.com - Aplikasi berbayar ternyata belum tentu lebih menghasilkan dari aplikasi gratis. Malahan, hal sebaliknya bisa berlaku hampir mutlak, seperti yang dijelaskan oleh data dari lembaga riset App Anie yang satu ini.

Dikutip dari Mashable, App Anie mengungkapkan bahwa 96 persen dari 100 besar aplikasi paling menghasilkan (top-grossing) di toko aplikasi Android Google Play ternyata merupakan judul-judul tak berbayar. Hanya 4 persen di antaranya yang memasang banderol harga.

Keadaan di toko aplikasi iOS App Store lebih berimbang. Dari 100 judul paling menghasilkan, yang bisa diunduh dengan gratis berjumlah 77 persen untuk platform iPhone dan 69 persen untuk platform iPad.

Aplikasi-aplikasi gratis ini memang tak langsung memberi pendapatan bagi pembuatnya ketika diunduh pengguna. Tapi, pendapatan tersebut dihasilkan beberapa metode monetisasi lain seperti lewat penjualan item di dalam aplikasi (in-app purchase) dan pemasangan iklan.

Pertanyaannya kemudian, apakah label harga itu ternyata menakuti konsumen sehingga urung mengunduh aplikasi yang bersangkutan?

Mashable Grafik perbandingan persentase aplikasi paling menghasilkan yang gratis dan berbayar di toko aplikasi Google Play dan App Store
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com