Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S Pakai Prosesor 64 Bit?

Kompas.com - 28/08/2013, 09:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET,GigaOM

KOMPAS.com - Semakin dekat dengan tanggal 10 September yang disinyalir sebagai waktu pengumuman perangkat iPhone baru, rumor tentang smartphone Apple tersebut semakin ramai mengalir.

Menurut salah satu kabar terbaru yang dilansir reporter Fox News Clayton Morris, gadget ini bakal dibekali dengan prosesor Apple A7 yang mengusung arsitektur "64-bit".

"(Apple A7) berjalan 31 persen lebih kencang dibandingkan A6. Saya dengar chip ini sangat cepat," tulis Morris dalam tweet hari Minggu (24/8/2013) lalu, yang dengan cepat menyebar melalui media online.

Chip berbasis ARM -termasuk Apple A6 yang digunakan pada iPhone 5- selama ini memang dirancang dengan arsitektur 32-bit yang hanya bisa mengakses memori sebesar 4 GB.

Prosesor 64-bit yang mampu mengakses kapasitas memori lebih besar seharusnya mampu menawarkan kinerja lebih baik, khususnya ketika menjalankan aplikasi yang rakus sumberdaya.

Kendati demikian, arsitektur tersebut harus diimbangi dengan pengembangan software yang mampu memanfaatkan kelebihan prosesor 64-bit. Dalam hal ini, menurut Giga Om, Apple diprediksi bakal menerapkan perubahan pada iOS secara perlahan-lahan, seperti pada transisi aplikasi Mac OS X dari basis 32-bit ke 64-bit.

ARM sendiri sebelumnya sudah mengumumkan arsitektur 64-bit bernama ARMv8. Perangkat-perangkat smartphone dan tablet yang ditenagai chip dengan arsitektur tersebut diperkirakan mulai memasuki pasaran pada 2014 mendatang.

Deteksi gerakan

Selain prosesor 64-bit, Morris juga mengatakan bahwa iPhone 5S bakal dilengkapi chip pendeteksi gerakan atau motion sensing.

Belum jelas seperti apa implementasi teknologi yang dimaksud, tapi Morris menambahkan bahwa hal tersebut bakal menjadi "upgrade kamera yang menarik".

Apabila laporan ini memang benar, makan iPhone 5S agaknya memang akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang membuatnya terlihat seperti "lompatan" yang lebih besar dibandingkan dari iPhone 4S ke iPhone 5.

Sebelumnya, iPhone 5S juga dikabarkan bakal mengusung sensor sidik jari, kamera 13 megapixel dengan flash dual-LED, dan pengisian baterai nirkabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET,GigaOM
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com