Kompas.com - 28/08/2013, 09:32 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Semakin dekat dengan tanggal 10 September yang disinyalir sebagai waktu pengumuman perangkat iPhone baru, rumor tentang smartphone Apple tersebut semakin ramai mengalir.

Menurut salah satu kabar terbaru yang dilansir reporter Fox News Clayton Morris, gadget ini bakal dibekali dengan prosesor Apple A7 yang mengusung arsitektur "64-bit".

"(Apple A7) berjalan 31 persen lebih kencang dibandingkan A6. Saya dengar chip ini sangat cepat," tulis Morris dalam tweet hari Minggu (24/8/2013) lalu, yang dengan cepat menyebar melalui media online.

Chip berbasis ARM -termasuk Apple A6 yang digunakan pada iPhone 5- selama ini memang dirancang dengan arsitektur 32-bit yang hanya bisa mengakses memori sebesar 4 GB.

Prosesor 64-bit yang mampu mengakses kapasitas memori lebih besar seharusnya mampu menawarkan kinerja lebih baik, khususnya ketika menjalankan aplikasi yang rakus sumberdaya.

Kendati demikian, arsitektur tersebut harus diimbangi dengan pengembangan software yang mampu memanfaatkan kelebihan prosesor 64-bit. Dalam hal ini, menurut Giga Om, Apple diprediksi bakal menerapkan perubahan pada iOS secara perlahan-lahan, seperti pada transisi aplikasi Mac OS X dari basis 32-bit ke 64-bit.

ARM sendiri sebelumnya sudah mengumumkan arsitektur 64-bit bernama ARMv8. Perangkat-perangkat smartphone dan tablet yang ditenagai chip dengan arsitektur tersebut diperkirakan mulai memasuki pasaran pada 2014 mendatang.

Deteksi gerakan

Selain prosesor 64-bit, Morris juga mengatakan bahwa iPhone 5S bakal dilengkapi chip pendeteksi gerakan atau motion sensing.

Belum jelas seperti apa implementasi teknologi yang dimaksud, tapi Morris menambahkan bahwa hal tersebut bakal menjadi "upgrade kamera yang menarik".

Apabila laporan ini memang benar, makan iPhone 5S agaknya memang akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang membuatnya terlihat seperti "lompatan" yang lebih besar dibandingkan dari iPhone 4S ke iPhone 5.

Sebelumnya, iPhone 5S juga dikabarkan bakal mengusung sensor sidik jari, kamera 13 megapixel dengan flash dual-LED, dan pengisian baterai nirkabel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET,GigaOM
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.