Kompas.com - 28/08/2013, 12:28 WIB
BlackBerry Messenger ist.BlackBerry Messenger
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Salah satu opsi "penyelamatan" yang bisa diambil oleh BlackBerry adalah memecah-mecah bisnis perusahaan. Itulah yang kabarnya sedang dipikirkan untuk layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM).

Seperti dilaporkan oleh The Wall Street Journal yang mengutip sejumlah sumber, BlackBerry disinyalir sedang mempertimbangkan untuk memisahkan layanan BBM menjadi anak perusahaan yang beroperasi secara independen.

Anak perusahaan ini, menurut sumber-sumber itu, akan dipanggil "BBM Inc". Langkah BlackBerry tersebut diduga dilakukan untuk memosisikan BBM sebagai salah satu aset bernilai tinggi menjelang penjualan perusahaan.

Untuk mewujudkan pemisahan BBM, BlackBerry dikabarkan telah mulai memindahkan eksekutif-eksekutif terkait ke tim BBM dan mengembangkan sejumlah layanan lain di luar pesan instan, termasuk yang sudah tersedia untuk pengguna BlackBerry seperti video chatting.

Ada pula selentingan bahwa BlackBerry akan memperkenalkan layanan serupa Twitter bernama BBM Channel, alat pemasaran yang memungkinkan interaksi lebih erat antara brand dan selebritis dengan konsumen. BBM juga dikabarkan bakal bisa diakses lewat komputer desktop.

Mei lalu, CEO BlackBerry Thorsten Heins telah mengumumkan bahwa layanan BBM akan tersedia untuk dua platform saingan terbesar BlackBerry, yakni iOS dan Android. Pengumuman itu datang di tengah-tengah menanjaknya popularitas layanan pesan instan lain seperti Whatsapp.

BBM sendiri kini memiliki sekitar 60 juta pengguna aktif, dibanding 300 juta yang sejauh ini berhasil dikumpulkan oleh Whatsapp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.