Twitter Diusili Tentara Elektronik Suriah

Kompas.com - 28/08/2013, 13:14 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Syrian Electronic Army (SEA) kembali membuat kehebohan di dunia maya pada Selasa (27/8/2013). Setelah mengusili portal berita The New York Times dan The Huffington Post, kelompok ini juga mengusili jejaring sosial Twitter.

Dalam kicauan di Twitter, SEA mengklaim berhasil menyusup ke server DNS milik Melbourne IT dari Australia yang melayani akses DNS untuk Twitter.com. Dalam kasus ini, SEA tidak secara langsung menyerang atau merusak situs Twitter.

Namun, lain ceritanya dengan server foto Twitter yang beralamat di twimg.com. Beberapa pengguna Twitter melaporkan gambar latar belakang akun mereka berubah menjadi foto bernuansa Suriah. Beberapa pengguna juga melaporkan, ketika membuka twimg.com mereka diarahkan ke situs yang berafiliasi dengan SEA.

Seperti dikutip dari The Verge, Twitter mengonfirmasi bahwa penyedia jasa DNS mereka telah diserang, dan juga berdampak pada server foto Twimg. Setelah beberapa jam berusaha memperbaiki kerusakan, Twitter kembali berhasil menguasai server.

Juru bicara Melbourne IT, Tony Smith mengakui, bahwa layanannya telah diserang. Namun, perusahaan berhasil mengembalikan pengaturan DNS yang benar, mengubah password, dan mengunci rekaman data untuk mencegah serangan lainnya.

Syrian Electronic Army merupakan kelompok peretas yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kelompok ini diduga sudah beberapa kali melakukan serangan ke situs web terkemuka, termasuk Associated Press, Time, The Washington Post, CNN, The Financial Times, CBS News, Columbia University, dan Human Rights Watch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.