Kompas.com - 28/08/2013, 15:10 WIB
CEO Microsoft Steve Ballmer sewaktu peluncuran Windows 8.1 Preview public beta, Rabu (26/6/2013) ExtremeTech.comCEO Microsoft Steve Ballmer sewaktu peluncuran Windows 8.1 Preview public beta, Rabu (26/6/2013)
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, dunia industri teknologi informasi dikagetkan dengan sebuah pengumuman dari CEO Microsoft, Steve Ballmer. Setelah 20 tahun mengabdi di perusahaan raksasa software tersebut, Ballmer memutuskan untuk pensiun dari jabatannya dalam 12 bulan mendatang.

Sembari menunggu waktu pensiun tersebut datang, Ballmer akan membantu pihak Microsoft untuk menemukan orang yang tepat untuk menggantikan tugasnya.

Siapakah orang yang layak menggantikan Ballmer? Akankah orang baru ini bisa membawa Microsoft kembali berjaya, seperti era Bill Gates dulu?

John Thompson, yang saat ini mengemban tugas menjadi direktur independen, akan memimpin pencarian bos baru Microsoft bersama Steve Ballmer, dan juga Bill Gates. Ketiganya akan bahu membahu menemukan orang yang mampu membawa Microsoft beralih dari bisnis PC ke komputasi mobile, industri yang saat ini sedang naik daun.

Setelah banyak membahas nama-nama kandidat dari luar Microsoft, tak lengkap rasanya KompasTekno tak membahas kandidat dari internal Microsoft sendiri.

Nah, berikut 9 nama kandidat CEO Microsoft baru dari lingkup perusahaan. Ke-9 nama ini muncul dari hasil wawancara kepada para ahli dan analis, seperti dikutip dari Reuters.

1. Satya Nadella, Cloud dan Enterprise

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadella merupakan salah satu veteran di Microsoft, ia telah bekerja selama 21 tahun di perusahaan ini. Nadella diyakini mengetahui seluk-beluk perusahaan, terutama untuk bisnis server, data center, dan layanan online. Baru-baru ini, Nadella ditunjuk untuk menjalankan divisi yang baru dibentuk, Cloud dan Enterprise.

2. Tony Bates, Corporate Strategy

Dia eksekutif yang bertanggung jawab atas Skype. Musim panas ini Bates akan mengelola pengembangan bisnis untuk Microsoft. Sebelumnya, Bates pernah bertugas di Cisco Sytem. Satu-satunya kekurangan yang dimilikinya, ia belum terlalu lama bekerja di perusahaan, untuk mengetahui inti bisnis dari Microsoft.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X