Kompas.com - 30/08/2013, 14:04 WIB
Aliansi Venture Capital di Indonesia (Alliance of Venture Capital in Indonesia/AVCII) Dokumentasi AVCIIAliansi Venture Capital di Indonesia (Alliance of Venture Capital in Indonesia/AVCII)
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan pemodal ventura (venture capital) dan perusahaan inkubator di Indonesia bergabung untuk mendirikan Aliansi Venture Capital di Indonesia (Alliance of Venture Capital in Indonesia/AVCII), Kamis (29/8/2013).

Aliansi ini didirikan oleh Cyber Agent Ventures, East Ventures, GEPI, Grapura Inc, Ideosource, Jakarta Founder Institute, Merah Putih Incubator, dan Mountain Indonesia. AVCII menunjuk Sebastian Togelang dari Mountain Indonesia sebagai ketua, dan Aryo Ariotedjo dari Grupara Inc sebagai wakil ketua.

Aryo Ariotedjo mengatakan, organisasi ini punya misi saling membantu dalam hal pengetahuan, sumber daya, fasilitas, dan berbagi informasi. Sementara ini, AVCII masih fokus pada venture capital yang berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) bidang teknologi informasi.

"Organisasi ini akan mensosialisasikan tentang apa itu venture capital, karena industri ini masih kecil dan banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Kita juga akan menjalin komunikasi dengan para investor dan pelaku startup," ujar Aryo saat dihubungi KompasTekno.

Bukan hanya pemodal dari Indonesia, AVCII juga terbuka untuk para pemodal asing, termasuk venture capital, angel investor (pemodal perorangan), inkubator, akselelator, dan bentuk investasi lainnya.

AVCII berkomitmen mengumpulkan data seputar industri venture capital, termasuk jumlah venture capital di Indonesia hingga jumlah investasi yang dikeluarkan untuk startup. Organisasi juga akan menggelar diskusi atau seminar di universitas untuk menyebar semangat kewirausahaan dan menjalin kemitraan dengan investor.

Selain itu, AVCII juga akan membangun kemitraan dengan pemerintah selaku regulator. Ia mengakui, industri venture capital di Indonesia masih terlalu kecil untuk dibuatkan sebuah kebijakan atau aturan khusus. Namun, organisasi ini siap mewakili suara para pelaku industri venture capital agar di kemudian hari tercipta aturan yang saling menguntungkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.